Viral Video TikTok Anak Ditulis Pembantu di KK, Ini Kata Dirjen Dukcapil, kumparan – #kumparanAdalahJawaban

0
9

Ilustrasi Kartu Keluarga. Foto: kumparan dan shutterstock

Beredar sebuah video di TikTok yang memperlihatkan seorang anak ditulis sebagai pembantu dalam Kartu Keluarga (KK). Video tersebut diunggah oleh @user686105050.

Yang menjadikan video itu viral adalah, pengunggah tersebut mengaku sebagai anak dalam keluarga tersebut. Akan tetapi, di dokumen tersebut, ditulis sebagai pembantu dalam kolom Status Hubungan Dalam Keluarga (SHDK).

Terkait ramainya video tersebut, Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh angkat bicara. Ia mengatakan, SHDK itu merupakan hubungan anggota keluarga dengan kepala keluarga.

“KK yang viral di TikTok tersebut masih versi yang lama dan mengacu pada Permendagri No. 19 Tahun 2010. KK versi lama tak lain masih dengan tanda tangan dan cap basah pejabat kelurahan setempat,” Zudan dalam rilisnya, Rabu (5/5).

Sementara itu, dalam KK versi baru, sesuai Permendagri No. 109 Tahun 2019 tentang Formulir dan Buku yang Digunakan dalam Administrasi Kependudukan, SHDK meliputi: Kepala Keluarga, Suami, Istri, Anak, Menantu, Cucu, Orangtua, Mertua, Famili, Lainnya.

“Nah, dalam Permendagri No. 109/2019, SHDK Pembantu dihilangkan dan masuk kategori ‘Lainnya’. Sebab Pembantu merupakan profesi, sama seperti buruh dan profesi lainnya. Itu sebabnya Permendagri lama sudah dicabut diganti dengan Permendagri 109/2019,” tambahnya.

Zudan tidak menjelaskan kenapa status anak itu bisa berubah menjadi pembantu. Mungkin saja ada kesalahan administrasi dalam proses pembuatannya.

Untuk mengganti SHDK tersebut, lanjut Zudan, pemohon bisa medatangi unit pelayanan administrasi kependudukan terdekat dengan membawa KK lama dan dokumen akta kelahiran.

“Bila melalui layanan online, persyaratan dapat diunggah di nomor Whatsapp, aplikasi di playstore atau website yang tersedia,” pungkasnya.

, kumparan – #kumparanAdalahJawaban