Penyebab Kulit Kering saat Hamil, kumparan – #kumparanAdalahJawaban

0
8

Apa yang menyebabkan kulit kering saat hamil? Foto: Shutterstock

Saat hamil, setiap wanita bisa mengalami pengalaman atau tantangan yang berbeda-beda. Ada ibu hamil yang merasakan mual muntah hebat, pusing, lemas, diare hingga nyeri di area tubuh tertentu, dan ada juga yang alami masalah kulit. Misalnya, kulit kering, kasar dan gatal.

Ya Moms, sekitar 90 persen wanita mengalami perubahan kulit selama hamil. Mengutip Mom Junction, masalah kulit kering umumnya dialami ibu hamil pada trimester kedua dan trimester ketiga. Kekeringan biasa terjadi di area sekitar perut, maupun bisa saja juga dialami di bagian wajah, leher, lengan, payudara, dan paha.

Lantas sebenarnya, apa saja yang menyebabkan kulit kering saat hamil? Berikut kumparanMOM merangkumnya untuk Anda.

Penyebab Kulit Kering saat Hamil

Penyebab Kulit Kering saat Hamil Foto: Shutterstock

1. Dehidrasi

Tubuh ibu hamil membutuhkan lebih banyak cairan untuk meningkatkan volume darah dan mengeluarkan oksigen. Kekurangan cairan atau dehidrasi saat hamil rupanya bisa membuat kulit Anda kering, Moms.

2. Tingkat Hormonal yang Berfluktuasi

Tingkat hormonal yang naik turun saat hamil dapat melemahkan atau bahkan merusak penghalang hidrolipid yang melindungi permukaan kulit. Akibatnya, terjadi penguapan air dari tubuh hingga menyebabkan kulit ibu hamil jadi kering.

Terlalu sering membersihkan wajah dapat membuat masalah kulit kering saat hamil semakin parah. Foto: Shutterstock

3. Terlalu Sering Membersihkan Area Kulit

Alih-alih jadi sehat, membersihkan area kulit tertentu secara berlebihan akan melemahkan pelindung dan mengeringkan kulit. Jadi meski memiliki kulit berminyak atau merasa mudah berkeringat, hindari hal ini selama hamil ya, Moms.

4. Wanita dengan Hipotiroidisme

Jika Anda mengalami hipotiroidisme selama kehamilan, kulit Anda bisa jadi gatal, tebal, dan kering.

Ilustrasi ibu hamil minum vitamin. Foto: Shutterstock

5. Kekurangan Vitamin A

Kekurangan vitamin A bisa menyebabkan kulit menjadi kering dan mengelupas. Karena itu, sebagian dokter menganjurkan pasiennya mengkonsumsi makanan bergizi tinggi saat hamil.

6. Peregangan Kulit

Ketika kulit tubuh meregang seiring dengan bertambahnya usia kandungan (dan membesarnya perut!), kulit akan semakin kering dan gatal. Namun, kondisi ini hanya bersifat sementara dan dapat Anda obati kok, Moms.

7. Perubahan Suhu dan Cuaca

Kelembapan dan perubahan suhu juga dapat menyebabkan kulit Anda menjadi kering. Kondisi ini biasanya terjadi selama musim panas.

, kumparan – #kumparanAdalahJawaban