Marak Bencana Akibat Perubahan Iklim, Ini Kebijakan Hijau Negara ASEAN, KATADATA.CO.ID

0
6

Negara-negara di Asia Tenggara saat ini tengah mengembangkan kebijakan nasional dan regional dalam mengurangi dampak perubahan iklim. Pasalnya, jumlah korban bencana alam terkait dengan perubahan iklim terus bertambah setiap tahunnya.

Tiga negara Asia Tenggara, yakni Filipina, Indonesia, dan Myanmar, termasuk dalam lima negara dengan jumlah pengungsi korban bencana alam yang disebabkan perubahan iklim terbesar di kawasan Asia Timur dan Pasifik. Total, jumlah pengungsi korban bencana alam di tiga Asia Tenggara mencapai 9, 6 juta jiwa pada 2019.

Menurut laporan global tentang pengungsi, kawasan Asia Tenggara rentan terhadap risiko angin topan, banjir, gempa bumi, tsunami, dan letusan gunung berapi. Di Indonesia, setidaknya ada 3, 1 juta orang pengungsi yang terkena dampak langsung bencana alam seperti hujan dan banjir sejak awal tahun ini.

Termasuk sekitar 2.000 orang pengungsi di Nusa Tenggara Timur yang terdampak badai siklon tropis Seroja. Badai ini juga dilaporkan menyebabkan kerusakan di Timor Leste, dengan sedikitnya 9.000 orang mengungsi …

Selengkapnya : Marak Bencana Akibat Perubahan Iklim, Ini Kebijakan Hijau Negara ASEAN

, KATADATA.CO.ID