Makin Banyak Turis Asing Berulah, Gubernur Bali Sampaikan Peringatan Keras, kumparan – #kumparanAdalahJawaban

0
4

Turis asing asal Rusia diduga melakukan pembuatan film porno di Gunung Batur, Bali – IST

DENPASAR – Gubenur Bali, Wayan Koster mengemukakan kekesalan sekaligus keprihatinannya lantaran selama ini banyak wisatawan di Bali banyak melakukan pelanggaran.

“Saya perlu melakukan acara (jumpa pers-red) ini mengingat akhir-akhir ini makin banyak pelanggaran yang dibuat oleh WNA (Warga Negara Asing) yang berkunjung ke Bali baik untuk kepentingan usaha maupun berkunjung sebagai wisatawan,” ungkapnya pada gelaran jumpa pers Rabu (05/05/21).

Ia mengatakan semakin banyak wisatawan yang melakukan pelanggaran. “Banyak hal-hal yang tidak sepantasnya dilakukan di Bali sebagai destinasi wisata dunia,” keluhnya.

Terlebih lagi, dalam beberapa hal seperti di bidang hukum, kata Koster banyak terjadi pelanggaran yang dilakukan terutama mengenai protokol kesehatan yang sedang ditegakan untuk mendisiplinkan masyarakat.

Model asal Rusia melakukan pelanggaran protokol kesehatan – IST

Yang terbaru adalah aksi mengecat wajah menyerupai masker oleh WNA Rusia Leia Se dan rekannya Lin Chi Chen dengan tujuan mengelabuhi petugas keamanan demi konten video. “Kejadian tersebut telah menimbulkan keresahan masyarakat terutama di Bali yang sedang gencar melaksanakan protokol kesehatan COVID-19 guna membangun kepercayaan menuju pemulihan pariwisata di Bali,” tegas Koster.

Selain itu, ia mengungkapkan banyak wisatawan yang melakukan aktivitas atau perbuatan tak sepantasanya di tempat suci maupun destinasi wisata. “Saya kira itu merupakan tindakan yang tidak menghormati nilai kearifan lokal dan budaya Bali. Sebagai destinasi wisata tidak berarti Bali ini harus mentolelir para wisatawan yang melakukan perbuatan tak sepantasnya yang melanggar Undang-undang atau tidak sesuai etika,” keluhnya lagi.

Ia menegaskan, kini pihaknya akan semakin tegas dalam bertindak menegakan hukum ataupun atiran yang berlaku. “Ini momentum yang tepat untuk menyampaikan kepada semua pihak termasuk WNA yang telah buat pelanggaran Ini sekaligus memberikan pembelajaran ke semua wisatawan baik domestik dan mancanegara,” tegasnya. (Kanalbali/WIB)

, kumparan – #kumparanAdalahJawaban