Kenapa Laptop Lemot dan Bagaimana Solusinya?, kumparan – #kumparanAdalahJawaban

0
4

Ilustrasi pengguna bertanya kenapa laptop lemot (Foto: Robert Bye via Unsplash).

Sebenarnya, apa alasan dibalik kenapa laptop lemot? Apalagi, jika laptop yang kamu gunakan sering lemot saat ada kepentingan, seperti presentasi kuliah atau rapat kerja.

Intensitas tinggi penggunaan laptop di era digital ini memang tidak dapat dihindari. Supaya kamu mengetahui penyebabnya, berikut ini adalah tutorial mengatasi laptop lemot:

Cara Mengetahui Kenapa Laptop Lemot

Mengutip dari halaman bantuan situs resmi Microsoft, inilah alasan kenapa laptop lemot:

1. Laptop Terkena Virus

Kinerja buruk laptop bisa disebabkan oleh adanya virus yang mengganggu. Virus sendiri menjadi penyebab laptop lemot Windows 10 dan lainnya. Bahkan, banyak pengguna yang mengalaminya.

Kamu harus melakukan scanning laptop secara rutin untuk mencegah atau mengatasi hal tersebut. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan antivirus dengan versi terbaru.

2. Tampilan Layar yang Terlalu Tinggi

Tampilan layar juga bisa berpengaruh pada kinerja laptop. Tampilan layar dengan kualitas visual yang tinggi malah membuat laptopmu menjadi lemot.

Jadi, kualitas tampilan layar harus diturunkan agar performa laptop kembali maksimal.

Cara mengatasi laptop nge-lag dalam hal ini adalah membuka ‘Adjust the appearance and performance of Windows’ di menu ‘Settings’. Lalu, pilih ‘Adjust for best performance’ pada ‘Visual’.

3. Kapasitas Penyimpanan Sangat Minim

Selanjutnya, kenapa laptop tiba-tiba lemot? Hal itu bisa disebabkan karena kapasitas penyimpanan data yang hampir atau sudah penuh.

Kamu bisa mengatasinya dengan menambah free space pada laptop. Kemudian, membuang file berukuran besar atau sudah tidak dibutuhkan lagi.

Selain cara di atas, kamu dapat menyimpan file ke penyimpanan eksternal, seperti Cloud atau menggunakan hard disk.

4. Sistem Operasi Belum Update

Apakah kamu pernah bertanya-tanya, kenapa laptop lemot saat dinyalakan? Kemungkinan besar, kamu belum memperbarui versi sistem operasi.

Sistem operasi versi terbaru biasanya menawarkan perbaikan pada masalah yang terjadi di versi sebelumnya.

Masalah ini bisa kamu atasi dengan memperbarui versi Windows 10. Caranya, klik ‘Start’ dan pilih ‘Settings’. Lalu, klik pilihan ‘Update & Security’ dan ‘Windows Update’.

Setelah itu, pilih ‘Check for Updates’ untuk melihat versi terbaru yang tersedia. Klik ‘Install now’ agar versi terbaru segera terpasang di laptopmu.

Ilustrasi menemukan alasan kenapa laptop lemot dan berhasil mengatasinya (Foto: Shutterstock).

Itulah beberapa alasan kenapa laptop lemot. Kamu bisa mengikuti cara di atas untuk mengetahui kenapa laptop lemot sekali. Selamat mencoba!

(RKW)

, kumparan – #kumparanAdalahJawaban