Kapan Sikat Gigi Anak Perlu Diganti?, kumparan – #kumparanAdalahJawaban

0
4

Kapan Sikat Gigi Anak Perlu Diganti? Foto: Shutterstock

Kesehatan mulut dan gigi anak perlu selalu dijaga. Salah satunya dengan memastikan anak menggosok giginya dua kali sehari, yaitu pada pagi dan malam hari akan membuat kesehatan gigi anak terjaga dengan baik. Sebab, menggosok gigi akan membantu membersihkan sisa makanan di gigi anak yang bisa menimbulkan plak.

Terkait kebiasaan anak menyikat gigi, jangan lupa selalu perhatikan, juga kondisi sikat gigi yang dipakainya ya, Moms! Jangan sampai si kecil mengalami masalah kesehatan gigi atau mulut karena kondisi sikat gigi yang sudah tak layak pakai.

Perlu dipahami, kondisi sikat gigi sangat berpengaruh pada kesehatan gigi dan mulut. Bila bulunya sudah patah atau rusak misalnya, sikat gigi tidak akan bisa membersihkan kotoran pada gigi anak dengan semestinya.

Tidak hanya itu, setiap kali habis digunakan sikat gigi juga perlu dibersihkan dengan seksama. Bila tidak, berbagai kuman bisa menempel di sana. Apa lagi? Ganti segera sikat gigi anak pada waktunya.

Kata Ahli Soal Waktu Mengganti Sikat Gigi Anak

Kata Ahli Soal Waktu Mengganti Sikat Gigi Anak Foto: Shutterstock

The American Dental Association merekomendasikan para orang tua untuk mengganti sikat gigi anak-anaknya mereka setidaknya setiap 3 bulan sekali. Dilansir Mitten Kids, seiring waktu, bulu sikat gigi anak akan rusak dan tidak dapat menghilangkan bakteri atau plak sebanyak yang dilakukannya saat masih baru.

Meski begitu, bila hendak mengganti sikat gigi anak lebih cepat (sebelum tiga bulan) juga bisa jadi lebih baik. Sebab, sikat gigi yang terlalu lama digunakan juga berisiko menjadi tempat tumbuhnya berbagai macam kuman dan bakteri. Hal ini tentu akan menimbulkan masalah kesehatan pada gigi anak.

Selain itu, beberapa anak mungkin mempunyai kebiasaan untuk menggigit bulu sikat, menyikat giginya lebih kuat daripada anak lainnya, sehingga mengharuskan sikat gigi mereka diganti lebih cepat karena rusak. Jangan lupa, pilih sikat yang tepat untuk anak ya, Moms.

Tips Memilih Sikat Gigi Anak

Ilustrasi anak sikat gigi Foto: Shutterstock

Sebaiknya orang tua memberi perhatian khusus pada bentuk bulu sikat gigi yang digunakan anaknya. Jika bulunya sudah terbuka lebar ke segala arah, segera ganti sikat gigi si kecil, meski belum 3 bulan.

Pilihlah sikat gigi baru yang memiliki bulu lurus, sehingga dapat dengan mudah membersihkan sela-sela gigi dan tempat lain yang sulit dijangkau. Jangan lupa untuk memberi tahu si kecil agar selalu mencuci sikat gigi dengan air mengalir setelah menggunakannya. Ini bertujuan untuk membersihkan sisa pasta gigi, sisa makanan ataupun air liur yang menempel di permukaan sikat.

Penulis: Hutri Dirga Harmonis

, kumparan – #kumparanAdalahJawaban