Joe Biden Ingin 70% Penduduk Dewasa Sudah Divaksin Sebelum Hari Kemerdekaan AS, kumparan – #kumparanAdalahJawaban

0
10

Presiden AS Joe Biden berpidato pada sesi gabungan Kongres di majelis DPR AS di Washington, AS, Rabu (28/4). Foto: Melina Mara/Pool via REUTERS

Presiden Amerika Serikat Joe Biden terus mempercepat program vaksinasi COVID-19. Biden ingin 70 persen penduduk dewasa AS sudah divaksin sebelum hari kemerdekaan AS pada 4 Juli mendatang.

Sejak dilantik sebagai Presiden AS, Biden memang menyatakan dirinya akan fokus menangani virus corona sebagai prioritas utama.

“Jika kita membuat kemajuan menuju tujuan ini, semakin banyak orang Amerika akan mendapatkan perlindungan dari COVID-19 dan Amerika akan mengambil langkah serius menuju kembali normal,” kata seorang pejabat Gedung Putih dikutip dari Reuters, Rabu (5/5).

Pejabat itu menambahkan, saat ini 105 juta orang AS telah menerima dosis vaksin COVID-19 secara penuh. Sementara lebih dari 56 persen orang dewasa AS atau 147 juta orang telah menerima satu dosis.

Selain itu, AS juga bersiap untuk memberikan vaksin kepada remaja setelah disetujui oleh Badan Pengawas Makanan dan Obat-obatan AS FDA.

Pemerintah juga akan bekerja membuat vaksin agar lebih mudah diakses dengan mengarahkan ribuan apotek untuk menyediakan vaksin COVID-19.

Seorang dokter menyuntikkan vaksin corona kepada perawat di Rumah Sakit Universitas Louisville, Louisville, Kentucky, AS, Senin (14/12). Foto: Bryan Woolston/REUTERS

Sebelumnya, FDA mengeluarkan izin darurat penggunaan atau EUA vaksin Pfizer pada 11 Desember 2020 atau 3 hari sebelum pelaksanaan vaksinasi untuk pertama kalinya.

Saat memulai program vaksinasi massal, AS menargetkan vaksinasi ke 100 juta warganya per April 2021.

Setelah FDA mengeluarkan EUA untuk vaksin Pfizer, giliran vaksin Moderna yang diberikan izin penggunaan pada 18 Desember 2020. 3 hari setelahnya, yaitu pada 21 Desember, penyuntikan vaksin Moderna mulai dilakukan.

, kumparan – #kumparanAdalahJawaban