Hardware Canggih di Balik Hebatnya Samsung Galaxy Z Fold2, kumparan – #kumparanAdalahJawaban

0
8

Samsung Galaxy Z Fold 2 Foto: Samsung

Samsung Galaxy Z Fold2 dikenal sebagai handphone (HP) layar lipat generasi kedua dari Samsung. Karena foldable phone masih jarang di masa kini, desain futuristik layar lipat Samsung Galaxy Z Fold2 sering bikin orang lupa membahas hardware canggih di dalamnya.

Sama seperti smartphone flagship Samsung lainnya, Galaxy Z Fold2 menawarkan spesifikasi gahar. Lantas, apa saja hardware yang Samsung berikan kepada smartphone ini?

Qualcomm Snapdragon 865 Plus, prosesor terbaik HP Android

Ia dibekali dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 865 Plus, yang notabene merupakan chipset terbaik HP Android tahun 2020.

Prosesor tersebut memiliki 8 inti dengan kecepatan CPU Prime mencapai 3,1 GHz. Artinya, clock speed di Qualcomm Snapdragon 865 Plus lebih cepat 10 persen dibandingkan dengan clock speed 2,84 GHz pada saudaranya, Snapdragon 865.

Selain itu, chipset Snapdragon 865 Plus memiliki peningkatan 10 persen lebih baik untuk frame rate saat bermain game. Sebab, dukungan GPU Adreno 650 yang ada di dalam Snapdragon 865 Plus juga telah mendapatkan peningkatan clock speed. Jangan lupa pula Snapdragon 865 Plus telah mendukung konektivitas WiFi 6 terbaru.

Samsung Galaxy Z Fold 2 Foto: Samsung

RAM LPDDR5

Prosesor hebat di Samsung Galaxy Z Fold2 disandingkan dengan ketersediaan RAM LPDDR5 jumbo 12 GB dan memori internal yang lega mencapai 256 GB. Ruang memori ini sudah cukup untuk menjalankan multitasking berbagai aplikasi secara simultan. Tak mengherankan HP ini bisa menjalankan 3 aplikasi sekaligus ketika dalam mode tablet saat layar lipatnya dibuka.

Keberadaan RAM berteknologi LPDDR5 di Samsung Galaxy Z Fold2 sendiri penting ketika menjalankan aktivitas berat seperti gaming.

Samsung mengatakan, teknologi RAM terbaru itu punya kecepatan 5.500 Mb/s, 1,5 kali lebih cepat ketimbang LPDDR4x yang berkecepatan 2.133 Mb/s. Ia juga lebih efisien 20 persen dibanding pendahulunya itu, yang berdampak langsung pada peningkatan performa saat melakukan aktivitas berat seperti gaming yang tetap berjalan lancar.

Baterai jumbo dengan fast charging

Untuk menjaga daya hidup Samsung Galaxy Z Fold2, Samsung membekalinya dengan dua buah baterai berkapasitas total 4.500 mAh. Baterai tersebut bakal memastikan HP itu tidak kehabisan daya seharian.

Walaupun baterai Samsung Galaxy Z Fold2 berukuran jumbo, kamu enggak perlu khawatir durasi casnya lama.

Samsung menyematkan HP itu dengan teknologi fast charging 25 Watt jika dicas dengan charger kabel. Ada pula fast wireless charging 11 Watt yang aktif ketika pengguna mengisi daya HP layar lipat itu secara nirkabel.

Samsung Galaxy Z Fold 2. Foto: Samsung

Engsel super kuat

Keberadaan dapur pacu yang premium di HP layar lipat enggak ada artinya jika engsel perangkatnya ringkih. Ia bisa melakukan apa saja, tapi masa pakainya tidak lama.

Demi mengatasi kekhawatiran ini, Samsung memakai dua teknologi terbaru di bagian engsel Galaxy Z Fold2. Teknologi di bagian engsel ini tak cuma untuk memastikan layar lipat HP itu kuat, tetapi juga demi meningkatkan pengalaman pengguna yang lebih fleksibel.

Pertama, engsel Samsung Galaxy Z Fold2 memiliki sistem pembersih debu yang Samsung sebut sebagai ‘sweeper‘ (penyapu). Bulu sweeper atau penyapu ini berada di dalam celah antara bodi dan rumah engsel untuk mengusir debu dan partikel yang tidak diinginkan. Debu merupakan musuh utama HP layar lipat karena bisa bikin komponen rusak.

Teknologi kedua adalah Quad CAM System. Dengan teknologi tersebut, Samsung Galaxy Fold2 dapat menjalankan Flex Mode, yang memungkinkan pengguna memakai ponsel layar lipat itu dengan menopangnya di meja atau permukaan datar lainnya, sama seperti laptop. Samsung Galaxy Fold2 dapat ditekuk dalam berbagai sudut antara 75 hingga 115 derajat.

Samsung Galaxy Z Fold 2. Foto: Samsung

Ingin merasakan bagaimana gaharnya Samsung Galaxy Z Fold2? Samsung sedang mengadakan promo pembelian Samsung Galaxy Z Fold2 mulai 9 April-31 Mei 2021 dengan harga spesial Rp 30.188.000 dengan pilihan warna premium Mystic Bronze dan Mystic Black.

Kamu bisa dapat potongan harga tambahan up to Rp 1.000.000 dengan menggunakan metode pembayaran kartu kredit. Samsung juga memberikan gratis ongkos kirim ke semua wilayah di Indonesia. Pembelian dapat dilakukan melalui situs web Samsung.com.

, kumparan – #kumparanAdalahJawaban