Fakta Bill dan Melinda Gates Berpisah, Harta Gana-gini hingga Saham Microsoft, kumparan – #kumparanAdalahJawaban

0
3

Bill Gates dan Melinda Gates Foto: Instagram @thisisbillgates

Bill Gates dan pasangannya, Melinda Gates, memutuskan untuk bercerai setelah 27 tahun bersama. Keputusan salah satu orang terkaya versi Forbes ini pun mengejutkan publik di berbagai negara.

Berikut kumparan rangkum mengenai Bill dan Melinda Gates cerai:

Harta Gana-gini

Publik pun bertanya-tanya soal harta gana-gini yang harus dibagi, menyusul perceraian orang tua dari 3 anak itu.

Bill Gates merupakan orang terkaya ke-4 di dunia versi Forbes. Mengutip data terbaru per Senin (3/5), harta kekayaannya mencapai USD 130,5 miliar atau hampir Rp 1.900 triliun (Kurs Rp 14.500). Jika Bill Gates dan Melinda Gates melakukan pembagian harta gana-gini menyusul perceraian mereka, maka sebanyak itulah harta yang harus dibagi.

Harta sebanyak itu berasal dari bisnisnya di Microsoft, yang didirikan sejak 1970-an. Kini Microsoft telah menjadi perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia.

Menurut aturan di negara bagian Washington, Amerika Serikat, harta selama pernikahan akan dibagi dua secara merata, jika terjadi perceraian.

Bill Gates dan Melinda Gates diketahui tinggal di sebuah rumah menghadap Lake Washington di Medina, Washington. Walaupun bisa saja mereka menetapkan perceraian di negara bagian yang tak mengharuskan harta pernikahan dibagi dua sama rata.

Bill Gates, Melinda Gates dan Ketiga Anaknya Foto: Instagram @melindafrenchgates

Saham Microsoft Langsung Tergerus

Pengumuman perceraian pasangan tersebut disampaikan di akun twitter Bill Gates, Selasa (4/5).

“Setelah melewati pemikiran dan usaha yang panjang dalam hubungan kami, kami telah membuat keputusan untuk mengakhiri pernikahan kami,” tulis Bill Gates.

Mengutip data Wall Street, harga saham Microsoft pada Senin (3/5) ditutup melemah 0,32 poin atau turun 0,13 persen. Saham berkode MSFT itu ditutup pada harga USD 251,86.

Jika melihat waktu posting Bill Gates, memang dilakukan setelah perdagangan saham di bursa Wall Street tutup. Tapi jika mengacu kasus serupa yang terjadi pada orang terkaya sejagat pendiri Amazon, Jeff Bezos, perceraiannya dengan MacKenzie turut menggerus harga saham Amazon.

Perceraian CEO Amazon, Jeff Bezos dengan istrinya MacKenzie, terjadi pada Januari 2019. Keputusan yang diambil pasangan setelah pernikahan mereka berlangsung selama 25 tahun, memicu kekhawatiran di kalangan investor.

Salah satunya menyangkut pembagian harta bersama selama pernikahan atau harta gana-gini, termasuk 16 persen saham mereka saat itu, di Amazon.

Usai pernyataan bersama soal perceraian itu, saham Amazon turun 0,5 persen dalam penutupan perdagangan Kamis (10/1). Pasalnya, perceraian orang terkaya di dunia ini menimbulkan pertanyaan, soal bagaimana mereka akan membagi harta pernikahannya.

Yayasan Keduanya Tetap Berjalan

Bill dan Melinda Gates. Foto: @melindafrenchgates, @thisisbillgates/ Instagram

Keputusan cerai pasangan Bill Gates dan Melinda Gates kemudian mengganggu komitmen kerja keduanya dalam menjalankan yayasan filantropi Bill and Melinda Gates Foundation.

Yayasan tersebut didirikan oleh keduanya pada tahun 2000 dan berbasis di Seattle, Amerika Serikat. Tujuan utamanya adalah memperbaiki sistem kesehatan, mengurangi kemiskinan, memperluas kesempatan pendidikan, serta memberi akses teknologi.

Baik Bill maupun Melinda, berkata akan terus kerja bersama dalam yayasan tersebut, kendati mereka memutuskan bercerai.

“Kami terus berbagi keyakinan dalam misi itu dan akan melanjutkan pekerjaan kami bersama di yayasan, tetapi kami tidak lagi yakin kami dapat tumbuh bersama sebagai pasangan di fase selanjutnya dalam hidup kami,” tulis Bill Gates.

Pengumuman Bill dan Melinda Gates cerai ini disampaikan pada Selasa, 4 Mei 2021. Di akhir pernyataan, keduanya berkata butuh ruang dan privasi bagi keluarga untuk mulai menjalani kehidupan baru ini.

Pasangan ini diberikan karunia 3 orang anak. Mereka adalah Rory John Gates, Phoebe Adele Gates, dan Jennifer Katherine Gates.

, kumparan – #kumparanAdalahJawaban