Travel Gelap yang Diamankan di Depok Pasang Tarif Rp 300-700 Ribu bagi Pemudik, kumparan – #kumparanAdalahJawaban

0
9

Sejumlah kendaraan travel gelap yang disita Polres Metro Depok. Foto: Dok. Istimewa

Satlantas Polres Metro Depok telah memeriksa para pengemudi travel gelap yang sebelumnya diamankan. Hasil pemeriksaan sementara, travel gelap kerap mengangkut penumpang di Kota Depok.

Kasat Lantas Polres Metro Depok, AKBP Muhammad Andi Indra Waspada, mengatakan sebanyak 22 travel gelap yang diamankan memasang tarif yang berbeda bagi penumpangnya.

Semisal untuk tujuan Ciamis, Jawa Barat, travel gelap memasang tarif Rp 300 ribu per orang. Sedangkan tujuan Lampung tarifnya Rp 700 ribu per orang.

“Dikarenakan sudah memberikan tarif kami menganggap travel gelap sudah salah,” ujar Indra kepada wartawan, Senin, (3/5).

Indra menduga travel gelap akan mematok harga lebih mahal jelang larangan mudik berlaku atau sebelum lebaran.

Dari pengalamannya, travel gelap akan mematok harga lebih mahal pada H-3 dan H-2 menjelang lebaran. Sehingga Satlantas Polres Metro Depok akan lebih meningkatkan pengawasan.

Petugas memeriksa kendaraan roda empat di Jalan tol Jakarta – Cikampek Km 47, Karawang, Jawa Barat, Rabu (6/5). Foto: ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar

“Kami juga mengawasi pergerakan travel untuk menghindari pengawasan anggota yakni pada malam hari,” terang Indra.

Sementara itu, Kabid Angkutan Dinas Perhubungan Kota Depok, Marbudianto, mengatakan travel gelap yang diamankan Polres Metro Depok memang tidak memiliki izin trayek.

Hal itu dapat dilihat dengan penggunaan pelat nomor pada kendaraan. Travel yang memiliki izin trayek menggunakan pelat nomor kuning.

“Sedangkan travel gelap umumnya menggunakan plat hitam,” ujar Marbudianto.

Marbudianto menjelaskan, tidak semua pelat nomor hitam yang digunakan untuk mengangkut penumpang merupakan travel gelap, terdapat juga kendaraan pelat hitam yang memiliki izin untuk angkutan sewa secara khusus. Izin angkutan khusus tersebut dikeluarkan Kementerian Perhubungan.

“Kalau Dinas Perhubungan Kota Depok hanya mengeluarkan izin untuk angkutan perkotaan,” pungkas Marbudianto.

, kumparan – #kumparanAdalahJawaban