Tedros Adhanom Berencana Kembali Maju dalam Pemilihan Dirjen WHO, kumparan – #kumparanAdalahJawaban

0
6

Kepala WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus. Foto: AFP/FABRICE COFFRINI

Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, berencana akan kembali mencalonkan diri dalam pemilihan Dirjen WHO. Hal itu berdasarkan informasi dari sumber di WHO yang mengetahui rencana itu.

Tedros merupakan seorang WN Ethiopia. Dia menjadi orang Afrika pertama yang menjabat Dirjen WHO sejak 2017 lalu.

Nama Tedros semakin dikenal luas oleh publik sejak pandemi COVID-19 muncul pada akhir 2019.

Dikutip dari Reuters, Selasa (4/5), salah seorang juru bicara WHO mengatakan, dia belum bisa berkomentar terkait siapa saja calon potensial Dirjen WHO. Namun, ia mengatakan 194 negara anggota WHO dapat mengajukan calon Dirjen hingga September.

Nama calon itu nantinya akan dikirim dalam sebuah amplop tertutup kepada ketua Dewan Pengurus. Selain itu, belum jelas apakah orang lain yang akan muncul untuk menantang Tedros untuk masa jabatan lima tahun itu.

Sedangkan para diplomat mengatakan, dukungan Tedros di antara negara Afrika akan menjadi kunci dalam pemilihan nanti. Mereka juga meragukan Tedros akan mengandalkan dukungan dari negara asalnya.

Sebab Tedros terlibat konflik dengan militer Ethiopia. Militer menuding Tedros ikut terlibat dalam rangkaian pemberontakan di Tigray. Namun Tedros sudah menepis tudingan itu.

, kumparan – #kumparanAdalahJawaban