Taiwan dan Australia Larang Kedatangan Penumpang dari India, kumparan – #kumparanAdalahJawaban

0
6

Bandara Songshan di Taiwan Foto: Shutter Stock

Pemerintah Taiwan dan Australia memutuskan melarang kedatangan penumpang dari India. Keputusan itu diambil karena adanya varian COVID-19 dari India yang bisa menular lebih cepat.

Dikutip dari Reuters, Selasa (4/5), Taiwan masih memperbolehkan warganya dari India untuk pulang. Namun mereka harus menjalani karantina selama 14 hari di fasilitas terpusat begitu tiba di Taiwan.

Sementara di Australia, larangan kedatangan dari India jauh lebih ketat. Sebab penduduk Australia dari India juga tidak diperbolehkan untuk pulang.

Penumpang tiba di Bandara Sydney, Australia, Senin (16/3). Foto: PETER PARKS / AFP

Selain itu, bagi warga negara Australia yang kedapatan nekat pulang dari India, mereka akan langsung dijatuhi hukuman karena telah dinilai melakukan tindak pidana. Kebijakan itu mulai berlaku Senin (3/5).

Menteri Kesehatan Australia Greg Hunt mengatakan, keputusan ini mutlak demi mencegah lonjakan COVID-19 akibat varian virus corona dari India.

“Ini situasi berisiko tinggi di India,” kata Hunt.

“Jelas tidak ada keraguan bagi kami untuk menetapkan kebijakan ini,” tambah dia.

India kini dilanda krisis penularan COVID-19. Tercatat kini jumlah kasus positif mencapai 20 juta jiwa di mana 221.666 di antaranya meninggal dunia.

, kumparan – #kumparanAdalahJawaban