Sri Mulyani: Pengelolaan Anggaran Daerah Masih Timpang, KATADATA.CO.ID

0
3

Menteri Keuangan Sri Mulyani melihat masih terjadi ketimpangan dalam pengelolaan keuangan dan kinerja fiskal antardaerah. Ketimpangan pengelolaan anggaran daerah, antara lain tercermin dari rasio pajak dan retribusi daerah terhadap produk domestik regional bruto (PDRB).

Saat ini, daerah yang memiliki rasio pajak dan retribusi daerah terhadap PDRB tertinggi adalah Kabupaten Badung, Bali yakni 6, 96% pada 2019. Sementara itu, ada daerah yang hanya memiliki rasio pajak dan retribusi daerah mencapai 0, 06% sehingga rata-rata nasional hanya mencapai 0, 49%. 

“Terlihat masih ada yang sangat tinggi dan masih ada yang sangat rendah, ” ujar Sri Mulyani dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional 2021, Selasa (4/5).

Porsi belanja pegawai dibandingkan total belanja daerah pun masih sangat tinggi. Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara menjadi daerah dengan rasio belanja pegawai paling tinggi, yakni 53, 9%, sedangkan rasio belanja pegawai di Provinsi Papua Barat  sangat rendah yakni 9, 15%. Dengan demikian, rata-rata belanja pegawai daerah mencapai 34, 74%.

Sri Mulyani menyebut, …

Selengkapnya : Sri Mulyani: Pengelolaan Anggaran Daerah Masih Timpang

, KATADATA.CO.ID