Sekjen KPK: Hasil Tes Kebangsaan Pegawai KPK Segera Diumumkan, kumparan – #kumparanAdalahJawaban

0
17

Ilustrasi KPK. Foto: Nugroho Sejati/kumparan

Kabar puluhan pegawai KPK terancam dipecat mencuat ke publik. Pemicunya, mereka akan dipecat karena tidak lolos tes wawasan kebangsaan dalam proses alih status menjadi ASN.

Menanggapi kabar itu, KPK menegaskan hasil tes wawasan kebangsaan dalam alih status pegawai menjadi ASN belum dibuka. Hasil yang diterima dari BKN pada 27 April 2021 itu masih tersegel rapi di Gedung KPK.

Sekjen KPK Cahya H. Harefa mengatakan, hasil tes tersebut merupakan penilaian terhadap 1.349 pegawai KPK yang telah ikuti tes asesmen.

Tes ini menjadi syarat bagi pegawai untuk bisa alih status jadi ASN sebagaimana diatur dalam Peraturan Komisi Nomor 1 Tahun 2021 tentang Tata Cara Pengalihan Pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi menjadi Pegawai Aparatur Sipil Negara.

“Saat ini hasil penilaian Asesmen TWK (Tes Wawasan Kebangsaan) tersebut masih tersegel dan disimpan aman di gedung Merah Putih KPK dan akan diumumkan dalam waktu dekat sebagai bentuk transparansi kepada seluruh pemangku kepentingan KPK,” kata Cahya dalam keterangannya, Selasa (4/5).

Ia meminta kepada media dan publik untuk mengacu pada informasi resmi dari KPK terkait proses alih status tersebut.

“Kami menegaskan agar media dan publik berpegang pada informasi resmi kelembagaan KPK,” ucapnya.

Cahya Hardianto Harefa Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan

Sebelumnya, dari informasi yang diterima kumparan, ada puluhan pegawai KPK yang tidak lolos seleksi Wawasan Kebangsaan. Pegawai tersebut termasuk penyidik hingga pejabat struktural. Kemudian, mereka diisukan terancam dipecat.

Kabar pemecatan ini juga diterima oleh penyidik KPK Novel Baswedan. “Iya, katanya begitu (dipecat),” kata Novel.

Pihak eksternal juga sudah mendapatkan informasi serupa. Salah satunya, Peneliti Pusat Studi Konstitusi (PUSaKO) Universitas Andalas, Feri Amsari.

“Saya sudah mendengar kabar ada pegawai yang tidak lolos, termasuk pegawai senior,” kata Feri Amsari.

, kumparan – #kumparanAdalahJawaban