Relawan soal Dukung Siapa di 2024: Kita Ikuti Jokowi, kumparan – #kumparanAdalahJawaban

0
15

Presiden Joko Widodo.
Foto: BPMI Setpres

Survei Litbang Kompas menempatkan Presiden Jokowi di urutan pertama bursa capres 2024. Padahal, Jokowi sudah tidak mungkin mencalonkan diri di 2024 karena sudah menjabat selama dua periode.

Bagaimana relawan Jokowi menyikapi hasil survei tersebut?

Ketua Jokowi Mania, Immanuel Ebenezer, mengatakan arah dukungan mereka di 2024 tergantung pada keputusan Jokowi sendiri. Sebagai pendukung Jokowi, mereka akan mendukung siapa pun yang didukung Jokowi.

“Gini, ya, karena kita pendukung Jokowi, kan, kemudian kita lihat hasil survei Litbang Kompas, kan, ada tiga. Jokowi, Prabowo, dan Anies. Karena kita pendukung Jokowi, kita loyalitas ke Jokowi,” kata Immanuel dalam keterangannya, Selasa (4/5).

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kanan) berbincang dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menghadiri pelantikan wakil Gubernur DKI Jakarta. Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/POOL

“Kita juga namanya ini politik, kita juga melihat gestur politik Jokowi ke arah mana. Misalnya Jokowi dukung siapa gitu, ya, kita akan ikutin gestur dukungan Jokowi,” lanjutnya.

Dia yakin pilihan Jokowi akan menjadi yang terbaik, sehingga sudah selayaknya untuk didukung. Artinya, Jokowi pun diyakini akan mendukung calon yang bisa melanjutkan Nawacita.

“Kita yakin enggak mungkin Nawacita dikawal dengan dua periode, apalagi satu periode terakhir dihantam bencana COVID-19. Artinya dia butuh orang yang bisa mengawal program-program dia agar legacy-nya dia enggak hancur,” ujarnya.

Selain itu, karena Jokowi sudah menggambarkan contoh pimpinan yang cerdas, maka sudah pasti bisa menghasilkan pimpinan yang baik. Terutama dalam melanjutkan program kerjanya yang sudah disusun sebelumnya.

“Jokowi ini pemimpin yang punya kecerdasan pemimpin yang baik. Harus mampu menciptakan pemimpin juga,” katanya.

Oleh karena itu, dia memastikan seluruh anggota Jokowi Mania akan mematuhi keputusan untuk mendukung calon yang dipilih Jokowi di 2024.

“Kita ini di Joman, kan, sifatnya instruktur semua di atas perintah program dan program itu diperintahkan oleh organisasi. Jadi sifatnya adalah perintah,” pungkasnya.

, kumparan – #kumparanAdalahJawaban