Profil Said Benrahma, Pemain yang Buka Puasa di Laga Burnley vs West Ham, kumparan – #kumparanAdalahJawaban

0
4

Pemain West Ham United, Said Benrahma. Foto: Pool via REUTERS/Dave Rogers

Said Benrahma menjadi perbincangan ketika memperkuat West Ham saat melawan Burnley di pekan ke-34 Liga Inggris, Selasa (4/5) dini hari WIB. Selain karena performanya yang oke, ia menarik perhatian saat buka puasa di pinggir lapangan.

Benrahma mencetak assist untuk gol kedua Michail Antonio yang dicetak pada menit 29 yang sekaligus membuat West Ham berbalik unggul 2-1 usai sempat tertinggal 1-0 sebelumnya. Sekitar 7 menit berselang, pemain 25 tahun itu tampak berlari ke pinggir lapangan untuk makan dan minum.

Pertandingan pun sempat disetop sebentar untuk memberi waktu bagi Benrahma berbuka puasa. Tidak diketahui pasti apa yang diminumnya, tetapi kemungkinan itu adalah minuman isotonik atau minuman bervitamin.

Siapa sebenarnya Benrahma? Bagaimana sepak terjangnya? Simak profil dirinya di sini.

Profil Said Benrahma, pemain muslim West Ham

Mohamed Said Benrahma lahir di Ain Temouchent, Aljazair, pada 10 Agustus 1995. Awalnya, ia menimba ilmu sepak bola di klub bernama NRB Bethioua.

Awal karier sepak bolanya mulai menanjak saat hijrah ke Prancis. Benrahma pernah masuk akademi sepak bola Balma SC (2010-2011), Colomiers, dan Nice (2013).

Benrahma baru bermain untuk tim senior klub yang disebut terakhir pada tahun 2013 juga. Selama dikontrak Nice, ia juga pernah dipinjamkan ke Angers, Gazelec Ajaccio, dan Chateauroux.

Benrahma kemudian berpetualang ke Inggris. Pada 6 Juli 2018, ia bergabung dengan klub Championship, Brentford, dengan kontrak empat tahun plus opsi perpanjangan satu tahun dan biaya transfer yang disinyalir sebesar £ 2,7 juta (sekitar Rp 54,2 miliar).

Performanya kian mencuat di Brentford. Pada musim perdananya, Benrahma total mencetak 11 gol dan 17 assist dari 45 laga lintas ajang. Catatannya membaik di musim berikutnya hingga mencetak 17 gol dan 10 assist dari 46 laga di berbagai kompetisi dan nyaris membawa Brentford promosi.

Pada 16 Oktober 2020, Said Benrahma bergabung dengan West Ham dengan kesepakatan pinjaman selama satu musim plus opsi permanen. Debutnya bersama The Hammers tercipta pada 31 Oktober sebagai pengganti saat timnya kalah 2-1 dari di Premier League.

Ia debut menjadi starting XI West Ham saat tim itu meraih kemenangan 2-1 atas Leeds United pada 11 Desember 2020. Pada 29 Januari 2021, kesepakatan pinjaman diakhiri lebih awal karena West Ham menyegel kontrak permanen untuk Benrahma guna membebaskan ruang pinjaman domestik bagi Jesse Lingard.

West Ham setuju untuk membayar £ 25 juta plus £ 5 juta (total sekitar Rp 602 juta). Praktis, Benrahma menjadi pemain termahal ketiga West Ham setelah Sebastien Haller dan Felipe Anderson.

Total menurut Transfermarkt, sejauh ini, Benrahma sudah 29 kali turun membela West Ham di lintas ajang. Ia sudah mencetak 6 assist, tetapi masih belum menemukan gol pertamanya.

***

, kumparan – #kumparanAdalahJawaban