Polda Bali Buat 7 Titik Penyekatan dan Terjunkan 1.750 Personel Amankan Mudik, kumparan – #kumparanAdalahJawaban

0
13

Kapolda Bali Irjen Putu Jayan Danu Putra. Foto: Denita BR Matondang/kumparan

Polda Bali menerjunkan 1.750 personel untuk mengamankan mudik lebaran tahun 2021. Ribuan personel tersebut merupakan gabungan dari jajaran kepolisian, Dinas Perhubungan, dan instansi terkait.

“Kami dari segenap unsur akan bersinergi untuk melakukan tugas ini sebaik-baiknya sampai dengan batas waktu yang telah ditentukan khususnya dalam melaksanakan operasi pada saat dimulai pada 6-17 Mei mendatang,” kata Kapolda Bali Irjen Putu Jayan Danu Putra kepada wartawan, Selasa (4/5).

Kapolda Bali Irjen Putu Jayan Danu Putra. Foto: Denita BR Matondang/kumparan

Dia menegaskan, masyarakat boleh bepergian selama larangan mudik adalah masyarakat yang masuk dalam kategori dikecualikan. Yakni, pelaku perjalanan dinas atau kebutuhan mendesak seperti sakit dan kematian.

“Sesuai dengan ketentuan, semua pejalan harus menyertakan surat. Apakah betul surat ini berkaitan dengan tujuan yang bersangkutan itu ada keperluan Dinas, atau keperluan lain, tujuan itu yang nanti kita perhatikan. Bagi yang tidak sesuai ketentuan nanti kita kembalikan,” kata dia.

Ia juga mengancam menilang dan menahan bus atau travel gelap yang nekat membawa penumpang. Menurut dia, Kemenhub telah mengeluarkan stiker khusus bagi bus yang diizinkan beroperasi terbatas. Selain itu, polisi juga telah berjaga di sejumlah jalan tikus mengawasi pemudik yang melanggar aturan larangan mudik.

“Sesuai dengan pasalnya nanti, kalau bisa kita tahan ya kita tahan, seperti di sejumlah daerah dilakukan penahanan, kita pun juga bisa melakukan penahanan,” kata dia.

Polda Bali menyiapkan 7 titik pos penyekatan larangan mudik yang beroperasi pada 6 hingga 17 Mei 2021 mendatang. Berikut 7 titik pos penyekatan tersebut :

1. Simpang Umanyar, Denpasar

2. Simpang Megati, Tabanan

3. Terminal Cekik, Jembrana

4. Simpang 4 Masceti, Gianyar

5. Yeh Malet Karangasem

6. Pelabuhan Padangbai

7. Simpang Pejarakan, Buleleng.

, kumparan – #kumparanAdalahJawaban