PNS Protes THR Tak Dibayar Penuh, Mendagri: Harus Bersyukur, KATADATA.CO.ID

0
4

Belasan ribu aparatur sipil negara menekan petisi yang diajukan kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk memenuhi janji agar membayarkan THR PNS secara penuh atau mencakup tunjangan kinerja. Pemerintah pada tahun ini kembali membayarkan tunjangan hari raya sebesar gaji pokok ditambah tunjangan yang melekat, seperti tahun lalu.

Menanggapi petisi tersebut, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian meminta PNS untuk tetap bersyukur atas kebijakan THR saat ini. “PNS di pusat dan rekan di daerah harus bersyukur. Di tengah kontraksi keuangan yang berat, pemerintah masih memberi THR di luar tunjangan kinerja, ” ujar  Tito dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional 2021, Selasa (4/5). 

Tito membandingkannya dengan pembayaran THR pegawai swasta. Banyak perusahaan yang saat ini masih kesulitan untuk memenuhi kewajibannya. Ia juga membandingkan dengan kondisi masyarakat yang menganggur lantaran terdampak pandemi Covid-19.

“Mereka tidak dapat apa-apa, siapa yang mau kasih THR? Jadi tolonglah beri pengertiannya, syukuri apa yang sudah ada, ” katanya.

, KATADATA.CO.ID