Petisi PNS Kecewa THR 2021 Kecil Sudah Ditandatangani Hampir 19 Ribu Akun, kumparan – #kumparanAdalahJawaban

0
10

Ilustrasi PNS. Foto: Dok. Istimewa

Dukungan petisi online berisi penolakan terhadap besaran THR untuk PNS dalam momentum Lebaran 2021 yang dibuat Romansyah H pada Rabu (30/4) terus bertambah.

Hingga Selasa (4/5) pukul 13.37 WIB, petisi ini terlihat sudah ditantangani 18.948 akun. Sedangkan targetnya mencapai 25.000 tanda tangan.

Petisi ini dilayangkan di situs change.org dengan judul ‘THR & Gaji-13 PNS 2021 Lebih Kecil dari UMR Jakarta: Kembalikan Full Seperti Tahun 2019’ yang ditujukan ke Presiden Jokowi.

Salah satu penolakan dalam petisi yang ditujukan langsung buat Presiden Jokowi, Anggota DPR, serta Menteri Keuangan Sri Mulyani ini, adalah ketentuan mengenai THR yang diberikan hanya berupa gaji pokok semata, tidak termasuk tunjangan lainnya seperti tunjangan kinerja.

Ilustrasi THR Foto: Thinkstock

Berdasarkan pengakuan Sekar (bukan nama sebenarnya), salah satu pegawai pemerintah yang turut mengisi petisi ini, jika nominal THR PNS yang diberikan hanya berupa gaji pokok saja, nilainya akan jauh lebih kecil daripada upah minimum Provinsi DKI Jakarta.

Terlebih lagi untuk PNS baru dengan status lulusan S1. Sekar sendiri mengakui gaji pokok yang ia terima saat ini adalah sebesar Rp 2,9 juta.

“Gaji pokok PNS yang S1 itu Rp 2,9 juta. Jauh dari UMR Jakarta. Ini sampai ada petisi sebagai cara menyuarakan hak kita, soalnya swasta sampai diharuskan membayarkan THR full,” ujar Sekar kepada kumparan, Jumat (30/4).

Menanggapi munculnya petisi tersebut, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) pun buka suara. Kabiro KLI Kementerian Keuangan Rahayu Puspasari mengatakan bahwa petisi tersebut mengandung informasi yang salah.

“Kalimat bahwa ‘Menteri Keuangan SMI telah memberikan statement bahwa THR dan Gaji-13 ASN Tahun 2021 hanya diberikan sebesar gaji pokoknya saja’ ini disinformasi. Salah,” ujar Rahayu kepada kumparan, Sabtu (1/5).

Rahayu menegaskan bahwa besaran THR yang diterima PNS tidak hanya gaji pokok saja. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 63 Tahun 2021 tentang Pemberian Tunjangan Hari Raya dan Gaji Ketiga Belas Kepada Aparatur Negara, Pensiunan, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan Tahun 2021, ditetapkan bahwa komponen THR terdiri dari gaji pokok dan beberapa tunjangan lainnya.

, kumparan – #kumparanAdalahJawaban