Pemuda Berkemeja Merah yang Ngotot Copot Masker di Masjid Bekasi Sudah Dibina, kumparan – #kumparanAdalahJawaban

0
5

Kasus jemaah dibentak karena pakai masker di dalam masjid di Bekasi berakhir damai. Foto: Instagram @cetul.22

Masjid Al Amanah, Medan Satria, Kota Bekasi, viral di media sosial usai sebuah video menunjukkan seorang jemaah bernama Roni Octavianto diusir dari masjid karena mengenakan masker.

Tak lama setelah itu, muncul lagi video lain. Dalam video ini, seorang pemuda berbaju merah terus mencaci Roni karena tak mau melepas maskernya di masjid. Bahkan, aksi pemuda yang ramai disebut bernama Nawir itu sampai berujung merampas masker yang sedang Roni pakai.

Terkait video itu, Kapolsek Medan Satria Kompol Agus Rohmat mengatakan, polisi sudah membina dan mengedukasi pengurus masjid agar tak mengulangi lagi perbuatannya.

“Sudah kita lakukan (pembinaan) bersama 3 pilar. Akan kita lakukan pengawasan,” kata Agus saat dihubungi, Selasa (4/5).

Agus juga mengatakan kejadian serupa pernah terjadi beberapa waktu lalu. Pihaknya juga sudah menegur pengurus masjid dan memberikan pembinaan. Namun sayang, kejadian serupa kembali terulang.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi berbincang bersama pengurus Masjid Al Amanah dengan memakai masker. Foto: Dok. Istimewa

“Sebelum kejadian sudah kami lakukan peneguran, imbauan dan pembinaan. Waktu itu, sudah ada perubahan, (sekarang) kembali terulang lagi,” ungkapnya.

Ia juga menyatakan akan menindak tegas apabila kejadian serupa terulang kembali. Meski begitu Agus belum menyebutkan sanksi apa yang nantinya akan diberikan.

“Pasti kita sanksi (jika kejadian kembali terulang),” ujarnya.

Dalam video yang viral sebelumnya, pengurus masjid meminta agar jemaah itu melepas maskernya. Namun permintaan itu ditolak karena ia mengikuti aturan pemerintah yang mengharuskan mengenakan masker di tengah pandemi.

Perdebatan terjadi hingga akhirnya kasus tersebut bergulir ke kantor polisi. Akhir kasus ini memang tidak sampai ada sanksi. Kedua belah pihak berdamai dengan dimediasi oleh Kapolsek Medan Satria Kompol Agus Rohmat.

Pihak masjid pun kini mengizinkan jemaahnya mengenakan masker saat beribadah.

Wali Kota Bekasi Rachmat Effendi sudah datang ke masjid untuk bertemu langsung dengan para pengurus. Dia memastikan pengurus masjid akan mengikuti protokol kesehatan, termasuk mewajibkan jemaah memakai masker.

, kumparan – #kumparanAdalahJawaban