Pemprov Sultra Larang Mudik Lebaran Idul Fitri Antar Kabupaten dan Kota, kumparan – #kumparanAdalahJawaban

0
12

Petugas gabungan Satgas COVID-19 melakukan pemeriksaan surat keterangan tes cepat Antigen kepada wisatawan di jalur wisata Puncak, Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (2/4/2021). Foto: Yulius Satria Wijaya/ANTARA FOTO

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai memberlakukan larangan mudik untuk hari raya Idul Fitri 1442 H atau 2021 Masehi, antar Kabupaten dan Kota sejak, Selasa (04/05).

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas (Kadis) Perhubungan Sultra, melalui pesan WhatsApp yang diteruskan oleh Kadis Kominfo Sultra, Ridwan Badallah.

“Mudik lebaran tahun ini dilarang karena mengingat pandemi COVID-19 yang kian meningkat,” tulis Kadishub Sultra melalu pesan singkatnya.

Walaupun pelarangan sudah mulai berlaku, Pemerintah Provinsi Sultra belum mengeluarkan surat resmi terkait pelarangan mudik lebaran Idul Fitri 1442 H antar kabupaten dan kota.

“Terkait info pelarangan mudik lebaran sementara surat edaran lagi proses TTD Pak Gubernur, Insya Allah dalam waktu dekat selesai,” ungkap Kadis Kominfo Ridwan Badallah.

Meski pemerintah telah melarang agar masyarakat tidak mudik antar kabupaten dan kota, Pemprov Sultra tidak serta merta menutup jalur penyebrangan maupun menghentikan aktivitas pelayaran kapal pengangkut penumpang, sebab perjalanan masih diperbolehkan hanya untuk non mudik atau tugas negara.

“Yang dibolehkan itu adalah non mudik dengan seperti pimpinan jika ASN dan pemerintah setempat. Bagi masyarakat umum dengan prokes 5 m dan Rapid Antigen 1×24 jam,” kata Ridwan, pada Selasa (04/05).

“Yang ditiadakan adalah mudiknya, bukan Peniadaan transportasi, karena transportasi tetap ada melayani pelaku perjalanan yang dikecualikan,” tutupnya.

, kumparan – #kumparanAdalahJawaban