Pemkot Pontianak Gelar Pasar Murah Jelang Lebaran, Ini Lokasinya, kumparan – #kumparanAdalahJawaban

0
7

Pemkot Pontianak menggelar pasar murah menjelang lebaran. Foto: Dok. Pemkot Pontianak

Hi!Pontianak – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 2021, Pemkot Pontianak menggelar pasar murah di Halaman Kantor Camat Pontianak Kota.

Selain di sana ada 2 lokasi berbeda yang juga akan digelar pasar murah serupa. Di antaranya, kantor kecamatan Pontianak Selatan, pada 5 Mei 2021 dan Kantor Camat Pontianak Tenggara, pada 6 Mei 2021.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengatakan, digelarnya pasar murah ini bertujuan untuk membantu meringankan beban masyarakat. Terutama masyarakat berpenghasilan rendah dalam memenuhi kebutuhan bahan pokok menjelang Hari Raya Idul Fitri, terlebih di tengah kondisi pandemi saat ini.

“Bahan pokok yang dijual di sini memang lebih murah dari pasaran. Kualitas produk yang dijual di pasar murah ini pun sama baiknya dengan yang dijual di pasaran,” ungkapnya, Selasa, 4 Mei 2021.

Bahan-bahan pokok yang dijual pada pasar murah ini selisih harganya cukup terbilang lumayan. Misalnya seperti, beras premium di pasaran seharga Rp 13 ribu per kilogram, di pasar murah hanya seharga Rp 10 ribu hingga Rp 11 ribu per kilogramnya dengan kualitas yang sama. Demikian pula daging beku, masyarakat cukup membayar Rp 80 ribu per kilogram di pasar murah.

“Telur per bji di pasaran paling murah seharga Rp 1.500 hingga Rp 2 ribu, di pasar murah hanya Rp 1.300 per butir. Operasi pasar murah ini juga bagian dari penyeimbang sehingga di pasar besar dan pengecer tidak terjadi gejolak harga,” imbuhnya.

Edi berharap, kegiatan pasar murah ini mampu menstabilkan harga dalam rangka pengendalian inflasi di Kota Pontianak. Dengan harga yang terjangkau, masyarakat mempunyai kesempatan untuk memenuhi kebutuhannya di bulan Ramadan maupun Idulfitri nanti.

“Saya mengajak pengusaha besar seperti agen untuk turut berpartisipasi terlibat dalam pasar murah ini sebagai wujud kebersamaan berbagi di Bulan Ramadan dan Idulfitri,” ucap Edi.

Kegiatan pasar murah yang berlangsung hingga lebaran ini menggandeng perusahaan swasta, BUMN dan BUMD yang ada di Kota Pontianak, diantaranya PT Wilmar, Alfamart, Hypermart, Bulog, Bank Indonesia, Perumda BPR Khatulistiwa dan Bank Kalbar.

, kumparan – #kumparanAdalahJawaban