Masih Resesi, Bappenas Prediksi Ekonomi Kuartal I 2021 Minus 0,9%, KATADATA.CO.ID

0
6

Badan Pusat Statistik akan melaporkan angka pertumbuhan ekonomi kuartal I 2021 basok , Rabu (5/5). Pemerintah memperkirakan ekonomi pada tiga bulan pertama tahun ini belum keluar dari resesi atau masih berada di zona negaif.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa memprediksikan ekonomi minus  0, 6-0, 9% pada kuartal I 2021. “Kita akan tunggu besok pengumumannya, ” kata Suharso dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional 2021, Selasa (4/5).

Meski masih akan terkontraksi pada kuartal pertama, Suharso memperkirakan ekonomi akan tumbuh positif pada kuartal II 2021. Kemungkinan tersebut seiring mulai turunnya perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia.

Kendati demikian, ia mengingatkan bahwa terjadi tren peningkatan kasus corona di beberapa daerah, seperti di Bengkulu, Jambi, Babel, Kepulauan Riau, dan Riau.

Maka dari itu, Suharso berharap masyarakat tetap perlu meningkatkan kewaspadaan dan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. “Sehingga klaster-klaster baru Covid-19 dapat dihindari dan dikurangi, ” ujarnya.

, KATADATA.CO.ID