Mardani: Pertanyaan Aneh Tes Pegawai KPK Harus Diinvestigasi, Ini Bencana!, kumparan – #kumparanAdalahJawaban

0
13

Mardani Ali Sera. Foto: Fitra Andrianto/kumparan

Puluhan pegawai KPK termasuk penyidik senior seperti Novel Baswedan, dikabarkan tak lolos tes kebangsaan sebagai proses alih status jadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Pertanyaan dalam tes itu menuai sorotan karena membahas soal qunut, doa makan, status menikah, hingga soal Habib Rizieq. Buntutnya, mereka terancam didepak dari KPK.

Merespons itu, politikus PKS Mardani Ali Sera menilai masalah yang sedang dihadapi para pegawai KPK adalah bencana yang bisa membunuh KPK.

“Ini adalah bencana, ini adalah kisah sedih yang dapat berujung kepada pelemahan bahkan kematian KPK,” ucap Mardani, Selasa (4/5).

Akar masalahnya, kata Mardani, adalah revisi UU KPK yang salah satunya mengharuskan status ASN bagi pegawai termasuk penyidik KPK. Mardani menyebut tes kebangsaan sebagai upaya pembersihan pegawai yang dianggap punya paham berbeda.

“Itu menjadi peluang melakukan pembersihan pada mereka yang selama ini disebut ‘taliban’. Padahal mereka inilah yang membesarkan dan membuat KPK harum namanya, karena sikap tegas dan berani mereka,” – Mardani.

Anggota Komisi II DPR itu mengajak masyarakat waspada dan betul-betul menjaga s erta mengembangkan orang-orang terbaik di KPK, termasuk menjaga KPK sebagai institusi.

“Pertanyaan-pertanyaan aneh dan lucu menjadi hal yang harus diinvestigasi dan dibuka ke publik karena basis KPK adalah orang-orang yang punya kapasitas dan integritas, bukan orang-orang yang punya orientasi tertentu,” tegasnya.

Sebelumnya, dalam UU KPK hasil revisi mensyaratkan status pegawai beralih menjadi ASN. Perubahan status itu dilakukan dalam waktu maksimal 2 tahun usai UU disahkan pada 17 September 2019.

Dalam proses alih status tersebut, KPK bekerja sama dengan BKN menggelar tes kebangsaan, netralitas, hingga antiradikalisme kepada para pegawai pada 9-10 Maret. KPK sudah menerima hasilnya dari BKN pada 27 April namun belum juga diumumkan ke publik secara resmi.

, kumparan – #kumparanAdalahJawaban