Lahir di Keluarga Beda Agama, Dian Sastrowardoyo Ungkap Kisah Pilih Masuk Islam, kumparan – #kumparanAdalahJawaban

0
8

Dian Sastrowardoyo untuk program Konten Spesial kumparanWOMAN dan DOVE. Foto: Ifan Hartanto

Dian Sastrowardoyo tumbuh besar di keluarga yang memiliki perbedaan agama. Sang ayah yang awalnya seorang muslim, memutuskan untuk memeluk agama Buddha. Sementara ibunya adalah seorang Katolik yang taat.

Sementara itu, pemain film Ada Apa dengan Cinta? tersebut pernah melakukan perjalanan spiritual. Ia mempelajari banyak agama ketika dirinya masih remaja.

“Gue pernah jadi spiritual tourist. Jadi gue pelajari banyak agama dan aliran. Dan gue sangat minat akan itu. Karena gue juga kan dibesarkan secara Katolik sama nyokap,” kata Dian Sastrowardoyo di akun YouTube Daniel Mananta Network.

Dian Sastrowardoyo Foto: Munady/kumparan

“Nyokap Katolik, taat banget, kelompok doanya kuat banget. Bokap Buddha. Dan gue di umur 17 sempet pengin cari. Itu bersamaan dengan gue tertarik dengan filsafat. Gue pengin cari kebebasan, kalau gue tuh apa, ya,” imbuhnya.

Setelah mencari dan mempelajari banyak agama, ia memutuskan untuk menjadi seorang muslim. Aktris berusia 39 tahun tersebut bersyukur karena keputusannya itu didukung oleh sang ibu.

I’m so grateful nyokap gue punya keterbukaan pikiran, sangat suportif, katanya, ‘Yang penting kamu taat, ya. Jangan karena orang.’ Kayaknya cara gue ngejalanin selalu beda dan personal buat gue. Nyokap juga kayaknya bisa lihat itu,” tuturnya.

Dian kemudian bercerita bahwa dirinya ingin memiliki pencapaian di agama barunya sebelum ia menikah. Akhirnya, ia memutuskan untuk khatam Al-quran.

“Itu gue bisa dan sangat emosional. Nyokap gue juga sampe nangis padahal dia Katolik. Dia bangga dengan pencapaian spiritual gue sendiri. Jadi kayak gitu toleransi di keluarga gue, dan gue sangat bersyukur. Sampai sekarang kita saling menguatkan,” tutupnya.

, kumparan – #kumparanAdalahJawaban