Kerja Sama Tsingshan Dikabarkan Batal, Freeport: Belum Diputuskan, KATADATA.CO.ID

0
6

Freeport Indonesia (Freeport) menepis isu batalnya kerja sama dengan Tsingshan Steel dalam pembangunan pabrik pemurnian atau smelter tembaga di Weda Bay, Halmahera, Maluku Utara.

Kabar batalnya kerjasama Freeport dengan Tsingshan disebutkan karena berdasarkan hasil kajian, proyek smelter di Halmahera tidak lebih baik dibandingkan dengan proyek smelter di kawasan industri terintegrasi di JIIPE, Gresik, Jawa Timur, yang sudah berlangsung.

Juru bicara Freeport Indonesia Riza Pratama menegaskan bahwa diskusi kemitraan kedua belah pihak terkait proyek smelter di Halmahera hingga kini masih terus berlangsung.

Meski demikian, Riza tak membeberkan secara rinci sejauh apa diskusi telah berkembang. “Belum diputuskan, masih dibicarakan, ” kata dia kepada Katadata.co.id, Selasa (4/5).

Juru Bicara Menko bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Jodi Mahardi juga turut membantah kabar tersebut. Menurut dia proses diskusi antara MIND ID, PTFI dan Tsingshan masih berlangsung. Namun ia juga tak membeberkan perkembangan dari rencana kerja sama tersebut. “Coba klarifikasi ke Dirjen Minerba, ” ujarnya.

Katadata.co.id, pun mencoba …

Selengkapnya : Kerja Sama Tsingshan Dikabarkan Batal, Freeport: Belum Diputuskan

, KATADATA.CO.ID