Kementan Penuhi Kebutuhan Air untuk Peternakan di Sigi dengan Embung, kumparan – #kumparanAdalahJawaban

0
7

com-Ilustrasi sapi. Foto: Shutterstock

Keberadaan air sangat penting untuk mendukung aktivitas pertanian, termasuk juga peternakan. Untuk memastikan ketersediaan air tersebut, Kementan melalui Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) membangun embung di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

Embung untuk peternakan ini dibangun Kementan di Desa Padende, Kecamatan Marawola. Mentan Syahrul Yasin Limpo mengatakan, keberadaan air sangat penting untuk meningkatkan produksi pertanian.

“Dengan ketersediaan air yang memadai, aktivitas pertanian yang meliputi peternakan dan perkebunan pun dapat turut terbantu. Air bisa digunakan sesuai kebutuhan untuk meningkatkan produksi,” tuturnya, Selasa (4/5).

Mentan RI Syahrul Yasin Limpo. Foto: Kementan RI

Sementara Dirjen PSP Kementan, Sarwo Edhy, mengatakan, pembangunan embung di Kelompok Padende Lestari, Desa Padende, merupakan program bantuan pemerintah.

“Kegiatan ini berasal dari Dana Tugas Pembantuan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian Tahun Anggaran 2021 melalui Dinas Perkebunan Provinsi Sulawesi Tengah Kabupaten Sigi,” terangnya.

Sarwo Edhy menambahkan, embung masih dalam tahap proses pengerjaan 50% yang nantinya akan mengairi kurang lebih 8 ha HMT.

Dijelaskannya, kondisi bangunan sudah sesuai dengan pedoman teknis embung pertanian yaitu seluas 15 x 20 x 2,5 m dan telah terealisasi sebesar kurang lebih 50%.

, kumparan – #kumparanAdalahJawaban