Kelompok Bersenjata Serang Desa di Burkina Faso, 30 Orang Tewas, kumparan – #kumparanAdalahJawaban

0
6

Penjagaan di lokasi penembakan di Burkina Faso Foto: Reuters

Sekelompok pria bersenjata menyerang sebuah desa di timur Burkina Faso pada Senin (3/5). Akibat peristiwa itu, 30 orang dilaporkan tewas.

Dikutip dari Reuters, Selasa (4/5), serangan terjadi di Desa Hantoukoura yang berdekatan dengan perbatasan dengan Nigeria.

Daerah memang itu rentan dengan konflik karena kelompok jihadis yang terkait dengan Al-Qaeda dan ISIS berusaha menguasai daerah itu.

Gubernur Est, Saidou Sanou, mengatakan lebih dari 10 warga sipil dan dua anggota pertahanan sipil dibunuh oleh penyerang tak dikenal. Kelompok itu juga dilaporkan membakar sejumlah toko dan menggeledah pusat kesehatan.

Sementara dari sumber keamanan Burkina Faso, disebutkan jumlah korban tewas mencapai 30 orang. Serangan itu menjadi serangan paling mematikan di Burkina Faso dalam satu tahun terakhir.

Hingga saat ini, belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas penyerangan di Desa Hantoukoura.

Namun sebelum serangan itu, kelompok jihadis telah memicu ketegangan agama dan etnis antara komunitas petani dan penggembala di Mali, Burkina Faso dan Nigeria.

Selain itu kekerasan di wilayah Sahel yang semakin parah menyebabkan krisis kemanusiaan sehingga PBB harus sampai turun tangan. Tercatat 29 juta warga Sahel membutuhkan bantuan dan perlindungan akibat konflik berkepanjangan.

, kumparan – #kumparanAdalahJawaban