Kapan Bayi Bisa Duduk Sendiri Seperti Anak Ringgo Agus Rahman?, kumparan – #kumparanAdalahJawaban

0
6

Keluarga Ringgo Agus Rahman dan Sabai Morscheck. Foto: Instagram/@ringgoagus

Menyaksikan tumbuh kembang bayi setiap harinya memang menjadi momen yang membahagiakan bagi setiap orang tua. Perasaan senang dan bahagia sering kali meliputi saat orang tua melihat banyak kemampuan baru yang dicapai si kecil.

Hal ini pula yang sedang dirasakan oleh selebriti Tanah Air, Ringgo Agus Rahman. Baru-baru ini Ringgo membagikan rasa bahagianya saat melihat putra keduanya, Curtis Ziggy Mars Morscheck bisa duduk untuk pertama kalinya. Ya Moms, Ringgo membagikan momen spesial itu di akun Instagram pribadinya.

“Kembali menjadi orang tua yang noraaakkk, apa-apa serba dokumentasi, dan untuk pertama kalinya Mars udah bisa duduk ditanggal 4 april nihhhhhh, woohhooooo!!!!!! Go marsonooooooo,” tulis Ringgo dalam keterangannya.

Dalam video tersebut, Mars yang berusia 6 bulan rupanya sudah bisa duduk sendiri untuk waktu yang lama di atas kasurnya. Mars terlihat masih berusaha menjaga keseimbangannya dengan menggunakan tangan kanannya sebagai penyangga tubuhnya saat duduk. Meski begitu, perkembangan terbaru Mars ini disambut antusias oleh Ringgo dan Sabai Morscheck yang berteriak bahagia di balik video.

Lantas, di usia berapa normalnya bayi bisa duduk sendiri?

Usia Normal Bayi Bisa Duduk Sendiri

Ilustrasi bayi belajar duduk. Foto: Pixabay

Dilansir What to Expect, kebanyakan bayi akan dapat duduk dengan bantuan antara usia 3 dan 5 bulan, baik dengan menopang diri di tangan mereka, atau dengan sedikit bantuan dari orang tuanya. Sebab, biasanya bayi masih akan jatuh ke belakang saat mencoba duduk.

Pada usia 6 bulan, si kecil sudah mengembangkan otot leher, tubuh bagian atas, dan punggung untuk dapat duduk tanpa penyangga. Pada usia 7 bulan ia mungkin sudah bisa duduk dalam posisi lebih tegak dengan bantuan dari perutnya.

Meski begitu, perlu diingat bahwa perkembangan setiap bayi berbeda-beda, Moms. Ada yang lebih cepat dan ada yang lebih lambat. Jadi, tak perlu khawatir apabila si kecil masih belum bisa duduk dengan benar pada usia tersebut. Daripada membandingkan perkembangan bayi Anda dengan bayi lainnya, lebih baik, Anda fokus memberikan si kecil stimulasi agar tumbuh kembangnya berjalan sesuai usia.

Mengutip Healthline, orang tua perlu untuk mengajak bayinya melakukan latihan duduk sebelum mereka bisa duduk dengan sendirinya. Misalnya dengan memberikan lebih banyak waktu untuk bayi bermain di lantai. Biarkan bayi menjelajahi dan bereksperimen dengan berbagai pendekatan dan gerakan tubuhnya sendiri. Ini dapat membantu menumbuhkan kemandirian si kecil dalam usahanya untuk belajar duduk.

Kemudian, orang tua juga bisa mendudukkan bayinya di pangkuan atau di antara kedua kakinya di lantai. Bacakanlah buku untuknya, nyanyikan sebuah lagu, dan coba lakukan permainan gerakan yang merangsang bayi untuk bergerak dalam posisi duduknya. Ini akan membantu bayi belajar menyeimbangkan tubuhnya saat berada dalam posisi duduk.

Penulis: Hutri Dirga Harmonis

, kumparan – #kumparanAdalahJawaban