Jose Mourinho ke AS Roma, Mkhitaryan & Smalling Akan Terbuang?, kumparan – #kumparanAdalahJawaban

0
7

Henrikh Mkhitaryan dan Chris Smalling di AS Roma. Foto: Dok AS Roma & Reuters/Alberto Lingria

AS Roma boleh saja senang bukan kepalang bisa mengamankan tanda tangan pelatih sekelas Jose Mourinho. Namun di sisi lain, Henrikh Mkhitaryan dan Chris Smalling sekarang mungkin sedang deg-degan.

Pasalnya, Mkhitaryan dan Smalling adalah dua mantan anak buah Mourinho semasa melatih Manchester United (MU) selama 2016-2018 dulu. Kenangan dua sosok yang kini menjadi andalan AS Roma itu kurang menyenangkan bersama Mourinho.

Mkhitaryan direkrut MU dari Borussia Dortmund pada Juli 2016 atau kurang lebih dua bulan setelah Mourinho resmi membesut ‘Setan Merah’. Diharapkan menjadi andalan, winger asal Armenia itu malah tak bisa ‘nyetel’ dengan taktik The Special One.

Alhasil, pada Januari 2018, Mkhitaryan menjadi tumbal tukar guling. Ia dikirim ke Arsenal demi kehadiran Alexis Sanchez ke Old Trafford.

Henrikh Mkhitaryan dan Jose Mourinho. Foto: Paul ELLIS / AFP

Lain cerita dengan Smalling. Bek asal Inggris ini sebetulnya tidak jelek-jelek amat. Akan tetapi, ada pengalaman kurang enak dirinya dengan Mourinho.

Jurnalis The Athletic, Laurie Whitwell, menulis di Twitter soal kisah Smalling dan Mourinho pada 2016. Kala itu, si pelatih asal Portugal mempertanyakan keberanian Smalling bermain melawan rasa sakit.

Kemudian, diketahui bahwa Smalling menderita patah tulang ganda di jari kakinya. Pada akhirnya, kerentanan dirinya mengalami cedera juga membuatnya cukup kesulitan di bawah asuhan Mourinho.

Lantas, apakah Mkhitaryan dan Smalling bakal otomatis masuk daftar buangan Jose Mourinho? Belum tentu.

Situasinya kini berbeda. Mkhitaryan dan Smalling mampu beradaptasi dengan baik di Liga Italia dan menjadi andalan AS Roma dalam dua musim terakhir ini.

Chris Smalling bangga jadi pemain AS Roma. Foto: AFP/Kenzo Tribouillard

Per Transfermarkt, Henrikh Mkhitaryan sudah 68 kali membela AS Roma dengan catatan 20 gol dan 17 assist sejak 2019 hingga stori ini naik, Selasa (4/5/2021).

Dalam periode yang sama, Smalling telah 57 kali membela AS Roma dengan catatan 3 gol dan 3 assist. Sial baginya, cedera masih menjadi momok dirinya hingga kini.

Jadi, patut dinantikan bagaimana nasib keduanya di tangan Jose Mourinho musim depan.

****

, kumparan – #kumparanAdalahJawaban