Jam Tutup Kios di Pasar Tanah Abang: Lantai Ganjil 16.00 WIB, Genap 17.00 WIB, kumparan – #kumparanAdalahJawaban

0
6

Sejumlah warga memadati Blok B Pusat Grosir Pasar Tanah Abang untuk berbelanja pakaian di Jakarta Pusat, Minggu (2/5). Foto: Aditya Pradana Putra/Antara Foto

PD Pasar Jaya menutup kios di Pasar Tanah Abang lebih cepat. Aturan ini sebagai tindak lanjut dari kepadatan Pasar Tanah Abang yang mengkhawatirkan akhir pekan lalu.

Direktur Utama Perumda Pasar Jaya, Arief Nasrudin mengatakan, kios di pasar akan dilakukan penutupan dengan dua waktu berbeda.

“Mulai sore ini penutupan lebih cepat terhadap kios diberlakukan di Pasar Tanah Abang. Toko yang berada di lantai ganjil diminta tutup jam 4 sore dan yang berada di lantai genap tutup jam 5 sore,” kata Arief dalam keterangannya, Selasa (4/5).

Penutupan dengan sistem ganjil genap ini dilakukan untuk mengurai kepadatan pengunjung saat keluar. Sebab pengunjung memiliki waktu selesai belanja yang berbeda.

Sejumlah warga memadati Blok B Pusat Grosir Pasar Tanah Abang untuk berbelanja pakaian di Jakarta Pusat, Minggu (2/5). Foto: Aditya Pradana Putra/Antara Foto

“Hal ini untuk mencegah penumpukan keluar pengunjung secara bersamaan,” ujarnya.

Pasar Tanah Abang juga berupaya mengatur pembatasan pengunjung 50% dari kapasitas pasar. Juga dilakukan pengaturan terhadap alur masuk dan keluar sehingga dapat mengurai penumpukan di dalam pasar.

“Mulai dari pintu masuk pasar seluruh pengunjung diminta untuk mencuci tangan menggunakan sabun, dicek suhu badan, dan harus selalu menggunakan masker,” tuturnya.

“Sebagian petugas lainnya baik yang ada di posko dan di dalam pasar juga menggunakan toa melakukan imbauan agar masyarakat memahami betul pelaksanaan protokol kesehatan,” pungkasnya.

, kumparan – #kumparanAdalahJawaban