Inspirasi Bunga Peony untuk Busana Lebaran, kumparan – #kumparanAdalahJawaban

0
7

Busana lebaran rancangan Novita yang terinspirasi dari bunga Peony. Foto-foto: Masruroh/Basra

Bunga Peony, tanaman ini sangat populer di kalangan para pecinta bunga. Kecantikan dan kelopaknya yang besar memberikan kesan mewah pada bunga Peony. Kecantikan bunga Peony pun menginspirasi desainer asal Surabaya, Novita Rahayu Purwaningsih, untuk merancang busana lebaran.

“Suka banget lihat bunga Peony, memiliki bentuk yang besar, cantik, mencolok, dan memberi kesan elegan,” ujar Novita, kepada Basra, Selasa (4/5).

Dikatakan Novita jika bunga Peony merupakan bunga nasional China dan memiliki beragam warna cerah. Namun Novita memilih warna pink yang diaplikasikan dalam busana Lebaran rancangannya.

“Saya pilih warna peach yang merupakan turunan dari warna pink bunga Peony,” imbuh Novita.

Kelopak bunga yang besar dari bunga Peony, lanjut Novita, diwujudkan dalam desain busana yang semi ball gown. Agar pemakai busana tak kerepotan dengan desainnya, Novita memilih bahan yang relatif ringan, seperti organza, velvet, dan brokat.

Aksesoris payet dan taburan mutiara pada bagian pinggang menambah kesan feminim dan elegan.

“Feminim bisa dibilang sebagai ciri khas dari setiap rancangan saya. Untuk aksesoris saya kerjakan secara handmade ya, jadi harus telaten ngerjakannya,” jelasnya.

Selain karena kecantikannya, Novita memilih bunga Peony sebagai inspirasi busana lebaran karena makna yang dimiliki bunga abadi tersebut. Dikatakan Novita jika bunga Peony melambangkan pengharapan. Momen lebaran tahun ini, lanjut Novita, sebagai awal kebangkitannya untuk kembali produktif sebagai desainer.

Tak dipungkiri Novita jika setahun lebih pandemi COVID-19 turut berimbas pada produktivitasnya sebagai desainer.

“Lebaran tahun lalu saya tidak bikin busana. Saya berhenti sementara, termasuk pegawai juga terpaksa harus saya rumahkan karena memang tidak ada orderan. Alhamdulillah tahun ini orderan busana mulai berdatangan, termasuk untuk busana lebaran,” jelas Novita.

Novita berharap dapat kembali memacu kreativitas melahirkan busana-busana terbaik hasil rancangannya.

“Lebaran tahun ini menjadi awal kebangkitan saya, dan semoga ke depannya menjadi lebih baik,” simpulnya.

, kumparan – #kumparanAdalahJawaban