Iklan Sering Muncul di Video YouTube, Apakah Sedot Kuota Internet Pengguna?, kumparan – #kumparanAdalahJawaban

0
5

Ilustrasi YouTube Foto: Shutterstock

Sebagai pengguna YouTube, kamu pasti bisa merasakan perubahan yang cukup signifikan dari platform tersebut. Perubahan itu adalah iklan yang semakin banyak dan hampir ada di semua video yang ingin ditonton.

Gagasan iklan YouTube saja sudah cukup menyebalkan, apalagi kalau durasinya cukup lama dan tidak bisa dilewatkan alias di-skip. Alhasil kamu harus menunggu sampai iklan tersebut selesai supaya bisa menikmati konten favoritmu.

Dengan meningkatnya jumlah iklan YouTube, mungkin masih ada beberapa dari kamu yang bertanya apakah hal ini bisa menyebabkan kuota internet gampang habis? Jawabannya, ya. Iklan YouTube menyedot data seluler pengguna.

Pengamat teknologi dari komunitas Gadtorade, Lucky Sebastian, mengatakan bahwa sama seperti konten video lainnya, iklan di YouTube menguras kuota internet.

“Iklan di Youtube sama dengan konten di Youtube yang kita tonton, makan kuota internet. Ini konsekuensi dari layanan streaming gratis, kita menukarnya dengan layanan iklan,” kata Lucky kepada kumparan, Senin (3/5).

Aplikasi YouTube. Foto: Freestock.org

Kalau kamu penasaran dengan berapa besaran kuota internet yang terkuras untuk menonton YouTube, kamu bisa menghitung berdasarkan data bitrate resolusi video.

Menurut penjelasan YouTube di laman bantuannya, video beresolusi 4K dengan 60 frame per detik (frame per second/fps), video bitrate-nya mencapai 20.000 sampai 51.000 kilobit per detik (kilobit per second/Kbps). Sementara video berukuran 480p, video bitrate-nya hanya 500 hingga 2.000 Kbps. Untuk detail lengkapnya sila cek di link ini.

Lucky mengambil contoh perhitungan kuota yang termakan untuk menonton iklan YouTube selama satu menit dengan resolusi HD 720. Catata YouTube menyebutkan bahwa bitrate pada resolusi itu mencapai 1.500-4.000 Kbps.

Perhitungan kuota data sendiri biasanya menggunakan satuan megabyte (MB), yang berarti 1 megabit per detik (megabit per second/Mbps) setara 1/8 MB. Sementara 1 Mbps sama dengan 1.024 Kbps.

“Kalau 1 video ada iklan 1 menit, dan sehari kita nonton 10 video, maka kita nonton 10 menit iklan, yang berarti menghabiskan 300 MB data. Dalam sebulan jadi 9000 MB atau 9 GB hanya untuk iklan,” jelas Lucky.

“Jadi, ya, iklan ini lumayan menyita kuota,” tegasnya.

Berdasarkan pengalaman kumparan, menonton iklan YouTube selama 1 menit 15 detik memang memakan kuota internet. Kuota khusus YouTube yang tadinya terpantau sebesar 9,57 GB berkurang menjadi 9,56 GB setelah menonton.

Ilustrasi menonton Youtube. Foto: Shutter Stock

Untuk kalian yang tidak ingin iklan video memangkas kuota data, YouTube menyediakan layanan berbayar YouTube Premium untuk pengguna menikmati konten tanpa iklan. Dengan layanan ini, pengguna juga bisa menikmati konten premium yang tidak ada di YouTube gratisan serta layanan YouTube Music.

YouTube Premium sendiri dibanderol dengan harga Rp 59 ribu per bulan. Tersedia juga paket keluarga seharga Rp 89 ribu untuk lima anggota sehingga seorang hanya perlu membayar Rp 17.500 untuk menikmati tayangan bebas iklan di YouTube.

Atau apabila kamu tidak mau berlangganan YouTube Premium dan ingin irit kuota saat nonton YouTube, kamu bisa mengatur kualitas video ke yang paling kecil. Dengan cara ini, kamu bisa meminimalisasi jumlah kuota yang termakan karena iklan.

, kumparan – #kumparanAdalahJawaban