Ikan di Sungai Batu Merah Ambon Naik ke Permukaan, Netizen: Pertanda Apa?, kumparan – #kumparanAdalahJawaban

0
4

Viral momen sejumlah ikan di Sungai Batu Merah naik ke permukaan. (Foto: Instagram/@undercover.id)

Momen sejumlah ikan di Sungai Batu Merah, Ambon, mendadak naik ke permukaan ramai dibahas di media sosial. Apalagi, ikan-ikan tersebut sangat mudah ditangkap tanpa menggunakan jaring ataupun joran pancing.

Video itu diunggah oleh akun Instagram @undercover.id, Minggu (2/5). Para warga di sekitar Sungai Batu Merah tampak berkumpul di sungai untuk menangkap ikan. Anehnya, mereka tidak menggunakan alat pancing melainkan dengan tangan.

Di video berdurasi 3 menit 39 detik itu, warga sekitar Sungai Batu Merah, Ambon, ramai-ramai terjun ke sungai untuk menangkap ikan. Mereka tampak antusias menangkap sejumlah ikan bubara yang tiba-tiba naik ke permukaan.

Ikan berukuran cukup besar tersebut dianggap terbilang sulit untuk dipancing. Namun, kali ini, entah mengapa ikan tawar itu malah muncul sendiri ke permukaan hingga membuat warga sekitar terheran-heran.

Viral momen sejumlah ikan di Sungai Batu Merah naik ke permukaan. (Foto: Instagram/@undercover.id)

Pasalnya, hal itu dianggap jarang terjadi lantaran ikan jenis bubara cenderung tidak pernah naik ke permukaan. Kini, warga setempat pun ketiban rezeki karena mereka karena tak perlu lagi memasang jaring atau joran pancing. Mereka cukup hanya menangkap dengan tangan.

Dari video itu, terlihat seorang warga menangkap dengan mudah ikan bubara dengan menggunakan tangan. Bahkan, warga lainnya sampai menangkap dua ekor ikan sekaligus tanpa menggunakan jaring atau joran.

Tak ayal, warga setempat tampak bersuka cita karena momen tersebut tidak pernah terjadi. Apalagi, naiknya sejumlah ikan bubara ke permukaan merupakan hal yang sungguh mustahil. Akan tetapi, kini mereka bisa menikmatinya dan menangkap dengan mudah.

Viral momen sejumlah ikan di Sungai Batu Merah naik ke permukaan. (Foto: Instagram/@undercover.id)

Kendati demikian, usai diunggah dan viral, banyak warganet malah khawatir dengan kemunculan ikan tersebut ke permukaan dan dianggap sebagai pertanda musibah. Mulai dari meletusnya gunung merapi, dikejar ikan predator, hingga habitat terancam merupakan dugaan publik di media sosial atas peristiwa tersebut.

Kini, video itu ramai diperbincangkan. Beragam dugaan hingga pertanda musibah dilontarkan akibat peristiwa sejumlah ikan di Sungai Batu Merah naik ke permukaan.

Terlepas dari itu, ada juga yang tidak setuju dengan pertanda musibah yang dilontarkan oleh warganet lainnya. Mereka menganggap peristiwa itu merupakan hadiah dari Tuhan di bulan puasa dan bukan pertanda buruk.

“Namanya ikan muncul ke permukaan air wajar sama sama air. Kalau muncul di permukaan wajan mah sempol ayam. Khusnudzon aja jangan ngira ini pertanda yang nggak bagus. Rezeki buat masyarakat setempat,” tulis @brianresaagasi.

“Berkah ramadhan,” sahut @rizkymahzar.

“Indikasi gempa tsunami air laut surut dan ikan pada naik ke bibir pantai, mohon warga sekitar diharap waspada semoga kita semua dilindungi ALLAH SWT, Amin,” timpal @chemet_titto. (fre)

, kumparan – #kumparanAdalahJawaban