Fakta Unik soal Star Wars Day dan Arti di Balik May The Fourth Be With You, kumparan – #kumparanAdalahJawaban

0
4

Star Wars Foto: kumparan

Buat penggemar Star Wars, 4 Mei selalu menjadi tanggal yang istimewa. Mereka menyebutnya sebagai ‘May The Fourth Be With You’.

Tapi, kamu udah tahu belum, apa maksud di baliknya? Kalau belum, simak fakta unik soal Star Wars Day ini, yuk!

Arti May The Fourth Be With You

Kalimat tersebut merupakan pelesetan dari “May the force be with you” atau “Semoga beruntung”, yang kerap diucapkan saat salah satu karakter akan menghadapi tantangan atau musuh.

May the force be with you” pernah diucapkan oleh Qui-Gon Jinn kepada Anakin Skywalker sebelum Boonta Eve Classic dimulai.

Jedi Master Obi-Wan Kenobi juga kerap mengucapkan kalimat itu untuk mengakhiri pesannya kepada para Jedi. Dia pernah mengatakannya kepada Luke Skywalker saat Battle of Yavin.

Skywalker lalu mengucapkannya kepada Lando Calrissian dan Chewbacca, sebelum mereka mulai mencari lokasi Boba Fett dan menyelamatkan Han Solo.

Bukan Berasal dari Kreator Star Wars

Mungkin kamu mengira kalimat ‘May The Fourth Be With You’ berasal dari sutradara Star Wars, George Lucas. Tapi, kamu salah.

Jadi, kalimat tersebut berawal dari 1979, dua tahun setelah film Star Wars muncul di bioskop.

Di saat yang sama Partai Konservatif di Inggris merayakan terpilihnya Margaret Thatcher sebagai Perdana Menteri perempuan pertama di sana pada 4 Mei 1979.

Partai tersebut menaruh iklan di koran London Evening News dengan judul bertuliskan, “May The Fourth Be With You, Maggie. Congratulations”.

Tapi, enggak ada hubungannya antara Margaret Thatcher atau Star Wars.

Baru Populer 20 Tahun Kemudian

Meski pelesetan ‘force’ menjadi ‘fourth’ (ke-4 dalam bahasa Indonesia) semakin dikenal oleh para penggemar Star Wars, tapi kalimat itu baru populer 20 tahun kemudian.

“Baru di awal 2000-an Star Wars Day menjadi semakin populer karena para penggemar menggunakan (kalimat) itu secara terus-menerus di media sosial,” kata Founder Lucasfilm/Star Wars Fan Club resmi, Dan Madsen, dilansir Reader’s Digest.

Fandom Star Wars lalu mulai merayakan tanggal ini sebagai Star Wars Day secara besar-besaran pada 4 Mei 2011 di Toronto Underground Cinema, Kanada.

Tanggal tersebut mulai menjadi hari perayaan terbesar Star Wars ketika Disney membeli Lucasfilm pada 2012.

Laporan: Afifa Inak

, kumparan – #kumparanAdalahJawaban