Cek Fakta: Covid-19 Bukan Virus, tapi Bakteri yang Terpapar Radiasi, KATADATA.CO.ID

0
5

 

Pesan berantai beredar di media sosial menyebutkan Covid-19 bukan virus, melainkan bakteri yang sudah terpapar radiasi. Bakteri ini bisa menyebabkan kematian pada manusia melalui pembekuan darah.

Informasi dalam pesan tersebut diklaim bersumber Kementerian Kesehatan Rusia. Dalam narasinya, dokter di Rusia tidak mau mendengarkan protokol Badan Kesehatan Dunia (WHO) melakukan otopsi terhadap pasien Covid-19.

Setelah membuka lengan, kaki, dan bagian tubuh lainnya dan memeriksanya dengan cermat, dokter tersebut memperhatikan pembuluh darah pasien melebar dan penuh dengan gumpalan darah. Ini yang membuat aliran darah terhambat dan mengurangi aliran oksigen.

Setelah mengetahui penelitian ini, Kementerian Kesehatan Rusia segera mengubah protokol pengobatan untuk Covid-19 dan memberikan aspirin kepada pasien.

“Tidak lain adalah koagulasi di dalam pembuluh darah (penggumpalan darah) dan metode pengobatan tablet antibiotik, anti-inflamasi dan meminum antikoagulan (aspirin). Hal ini menunjukkan bahwa penyakit dapat diobati, ” seperti dikutip dalam pesan tersebut.

Narasi lainnya menjelaskan Rusia sudah tidak lagi menggunakan ventilator …

Selengkapnya : Cek Fakta: Covid-19 Bukan Virus, tapi Bakteri yang Terpapar Radiasi

, KATADATA.CO.ID