Bolehkah Ibu Hamil Makan Kerang?, kumparan – #kumparanAdalahJawaban

0
6

Ilustrasi ibu hamil Foto: Shutterstock

Ibu hamil perlu makan makanan bergizi. Mulai dari sayur-sayuran, beragam jenis buah, makanan yang jadi sumber karbohidrat juga sumber protein. Salah satu jenis sumber protein yang bisa jadi pilihan selama kehamilan adalah makanan laut.

Ya Moms, makanan laut tak hanya kaya protein tapi juga dikenal karena kelezatannya. Tak heran apabila banyak orang yang sangat menyukainya, termasuk ibu hamil. Tapi makanan laut apa saja yang boleh dikonsumsi ibu hamil? Bolehkah ibu hamil makan kerang?

Makan Kerang saat Hamil, Boleh Enggak Sih?

Apakah ibu hamil boleh makan kerang? Foto: Shutterstock

Ada beberapa perbedaan pendapat mengenai boleh tidaknya ibu hamil makan kerang. Sebab sebagian ahli engatakan ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi kerang, tapi beberapa lainnya mengatakan boleh mengkonsumsi kerang selama kehamilan asal dimasak sampai benar-benar matang.

Ciri kerang yang sudah benar-benar matang adalah bila cangkangnya terbuka, Moms. Sementara jika beberapa ada yang tidak terbuka, maka harus dibuang. Sebab, kerang menggunakan cangkangnya untuk menyaring air guna mendapatkan makanannya, yang artinya cangkangnya mengandung berbagai bakteri dan virus.

Mom Junction melansir, mengkonsumsi kerang mentah atau setengah matang dapat membuat Anda dan bayi di dalam kandungan terpapar bakteri seperti Vibrio vulnificus. Jenis bakteri yang memiliki bentuk seperti batang dan dapat dengan mudah berkembang biak di air asin. Bakteri ini dapat menyebabkan keracunan makanan dan masalah kesehatan lainnya.

Manfaat Makan Kerang saat Hamil

Manfaat Makan Kerang saat Hamil Foto: Shutterstock

Mengutip laman Pregnancy Food Checker, Environmental Defense Fund AS mencantumkan kerang sebagai makanan laut yang memiliki tingkat merkuri rendah. Sehingga bila dimasak sempurna, makanan laut ini baik untuk ibu hamil.

Tak hanya itu, kerang kaya protein dan rendah lemak sehingga dapat membantu perkembangan otot, sel, dan jaringan bayi yang belum lahir. Kandungan zat besi dalam kerang akan membantu memproduksi lebih banyak sel darah di tubuh ibu hamil. Ini juga akan membuat ibu tidak mudah lelah selama bulan-bulan kehamilan.

Kerang juga mengandung zinc, fosfor, riboflavin, tiamin, potasium, mangan, kalsium, vitamin C dan vitamin B12 dalam jumlah yang baik. Mineral dan vitamin ini baik untuk perkembangan bayi yang belum lahir serta kesehatan ibu hamil.

Penulis: Hutri Dirga Harmonis

, kumparan – #kumparanAdalahJawaban