Ajakan Jangan Mudik Shinta Priwit Lewat Lagu “Kangen Kutho Solo”, Boleh Music

0
10

South Jakarta – Musisi wanita Shinta Priwit kembali merilis single terbarunya berjudul “Kangen Kutho Solo pada 2 Mei 2021 lalu. Uniknya, di lagu barunya tersebut, Shinta Priwit menggunakan bahasa Jawanya dalam menyanyikannya.Lagu ini tidak termasuk dalam rangkaian album ‘7urus Hidup Makin Asyik’, dimana 5 (lima) jurus dari album tersebut sudah di rilis sebelumnya, dan yang teranyar jurus ke-5 “Kutemukan Cahaya” yang dirilis  tepat di awal bulan Suci  Ramadhan.

Shinta Priwit tetap mengusung genre musik Pop Reggae pada lagu “Kangen Kutho Solo”, namun mungkin kali ini dapat juga dikategorikan sebagai Pop Reggae Jawa.  Lagu  “Kangen Kutho Solo”  ini bercerita  kerinduan seseorang yang sudah lama meninggalkan kota Solo, dan kerinduan terdalam ia ternyata kepada neneknya, suasana kota Solo dan juga kulinernya. Tapi kalau rindunya sama mantan atau kekasih pujaan hatinya atau siapapun.

Artwork single “Kangen Kutho Solo” – Shinta Priwit ( foto : istimewa )

Lagu dan lirik “Kangen Kutho Solo” diciptakan oleh Shinta Priwit, namun untuk menterjemahkan menjadi Bahasa Jawa yang lebih halus, Shinta tidak sendiri, ia dibantu oleh Om Bambang Winarto (pamannya), Aishayuta (sahabatnya) dan Yustina (sepupunya).  Musisi Yuyut Isabintoro kembali membantu Shinta Priwit dalam aransemen musik lagu ini, proses rekaman vokalnya sendiri dilakukan di Tracking Studio” Purwokerto, Banyumas, dan mixing masteringnya oleh Andre Mesa.

Lagu ini dirilis menjelang Hari Raya yang mana Shinta Priwit berkata kalau ini hadiah untuk para perantau  yang ngga mudik, ngga pulang kampung, dimana para perantau khususnya orang Jawa,  warga Solo dan sekitarnya  pasti merasakan kerinduan akan kota asalnya Namun mereka demi turut serta menjaga agar angka kasus Covid tidak meningkat, makanya para perantau pun tidak mudik. Denga kata lain Shinta turut mendukung program Pemerintah, ‘Jangan Mudik’. Lagu “Kangen Kutho Solo” sendiri ditujukan bukan hanya untuk  orang Jawa dan warga Solo, menurut Shinta banyak sekali orang yang juga punya memori sendiri dengan Kota Solo meskipun bukan asli kota Solo.

The post Ajakan Jangan Mudik Shinta Priwit Lewat Lagu “Kangen Kutho Solo” appeared first on Boleh Music.

Boleh Music