5 Hal yang Perlu Diperhatikan untuk Mengalahkan Spesialis BJJ, kumparan – #kumparanAdalahJawaban

0
6

Reinier de Ridder memamerkan dua sabuk Juara Dunia ONE Championship usai mengalahkan Aung La N Sang di ONE on TNT IV pada Kamis, 29 April. Photo: ONE Championship

Brazillian Jiu Jitsu (BJJ) sudah menjadi bagian penting dalam olah raga kombat seperti MMA.

Disiplin yang fokus dalam mencari kuncian dan berlaga diatas kanvas ini adalah salah satu senjata yang pasti ada dalam arsenal seorang seniman bela diri.

Hal ini terlihat dalam laga Renier “The Dutch Knight” De Ridder yang menunjukkan aksi grappling kelas tinggi saat merebut sabuk Juara Dunia ONE Light Heavyweight dari Aung La “The Burmese Python” N Sang.

Laga masterclass dalam grappling ini memperlihatkan bahwa seni ini dapat menetralisir kemampuan striking lawan dengan grappling. Terlebih, atlet Belanda tersebut merupakan penyandang sabuk hitam BJJ.

Atlet MMA andalan Indonesia Stefer “The Lion” Rahardian mengatakan, walaupun De Ridder merupakan atlet berbahaya, pasti ada celah untuk mengalahkan seorang grappler.

Sang atlet dari Bali MMA ini menjelaskan bahwa ada beberapa strategi untuk meraih keunggulan saat bertanding dengan RDR.

“Saya rasa De Ridder merupakan salah satu atlet yang amat tangguh untuk dikalahkan karena kemampuan tingginya dalam berlaga dalam grappling,” jelas Stefer. “Saya pikir perlu seorang yang benar-benar komplit arsenal senjatanya untuk mengalahkan [De Ridder].”

Menurut Stefer, ada lima hal yang harus di ketahui demi mengalahkan seorang atlet berbasis BJJ, berikut adalah tekniknya:

Distance Control

Menjaga jarak merupakan salah satu strategi dasar dalam melawan seorang atlet grappler. Dengan mengendalikan jarak melalui footwork dan mencari sudut yang baik demi menghindari upaya takedown, seorang atlet akan mempersulit upaya lawan untuk menjatuhkan mereka.

“Jika seorang atlet mahir dalam kickboxing, dan menguasai jarak pertandingan, mereka dapat mempersulit lawannya untuk masuk ke area clinch atau meng-shoot takedown,” jelas Stefer. “Hal ini memang salah satu teknik dasar MMA, tapi ini merupakan teknik fundamental dan perlu dikuasai.

Sprawling

Satu lagi teknik dasar dalam bela diri campuran, sprawling merupakan teknik dimana sang atlet melebarkan tubuh dan menjauhkan kaki dari lawan yang mencoba untuk menarik kaki untuk menjatuhkan sang atlet.

Saat sprawl lawan akan ditekan kebawah dan memudahkan sang atlet untuk reset.

Ground defense itu penting banget kalo menghadapi seorang seperti De Ridder,” jelas “The Lion.” “Jika kemarin Aung La menggunakan takedown defence dia, seperti sprawling dan memaksa lawannya berdiri, mungkin keadaan bisa berbeda.”

Gulat

Disiplin yang merupakan pelengkap aspek ground ini bisa membuat seorang praktisi paham bagaimana mendapatkan top control dalam sebuah scramble.

Seorang atlet yang telah fasih bergulat akan dapat mengakhiri pertandingan dengan Ground and Pound.

“Saya rasa gulat itu menjadi salah satu seni bela diri yang dapat memberi spesialis BJJ kesulitan,” jelas Stefer.

“Dengan kemampuan bergulat yang tajam, pastinya seorang atlet akan lebih mudah menghindari kuncian, dan lebih gampang mendapatkan top control.”

Clinch

Lebih tepatnya Muay Thai clinch yang sering kali melibatkan serangan jarak dekat berupa sikut, lutut, dan tinju hook atau uppercut.

Dengan berlaga di jarak dekat ditambah mengunci tangan sang grappler dengan underhook selagi menyerang dengan striking, akan membuat sang lawan berpikir dua kali untuk mendekat.

Jika dipasangkan dengan sprawling saat kembali dalam posisi berdiri, sang atlet akan mengendalikan jarak, sekaligus mendapatkan poin dengan menghentikan upaya takedown lawan.

Gameplan

Yang terakhir merupakan mempersiapkan strategi yang matang untuk menghadapi lawan kelas tinggi dan spesialis dalam grappling. Meskipun telah menguasai teknik-teknik diatas, akan sia-sia jika tidak mempunyai rencana untuk memanfaatkan momen tertentu saat di dalam arena pertandingan.

“Strategi itu memang salah satu paling penting untuk melawan seorang atlet seperti RDR,” jelas Stefer. “Gameplan benar-benar harus disesuaikan dengan situasi dan harus mencakup segala situasi yang akan terjadi.”

Cara Menyaksikan ONE: DANGAL

Selanjutnya, ONE Championship akan menghelat ONE: DANGAL pada Sabtu, 15 Mei. Ajang yang berarti Gulat dalam bahasa India ini akan menampilkan empat seniman MMA asal Negeri Seribu Dewa.

Ajang ini dapat disaksikan lewat link berikut.

, kumparan – #kumparanAdalahJawaban