5 Alasan Kenapa Milenial Harus Punya Asuransi Jiwa, kumparan – #kumparanAdalahJawaban

0
7

Alasan milenial harus punya asuransi jiwa. Foto: Shutterstock

Generasi milenial, terutama yang masih berada di usia 20-an masih banyak yang beranggapan bahwa asuransi bukan prioritas utama saat merencanakan masa depan. Kesibukan memenuhi kebutuhan sehari-hari hingga kurangnya edukasi, menjadi beberapa faktor masih banyak orang yang menunda atau bahkan enggan memiliki asuransi.

Padahal dalam kondisi pandemi seperti saat ini, perlindungan terhadap kesehatan sangatlah penting dipersiapkan sedini mungkin. Memiliki asuransi jiwa merupakan salah satu cara untuk menciptakan kehidupan finansial yang lebih stabil di masa depan.

Sebab tidak ada manusia yang bisa mengetahui apa yang akan terjadi di waktu yang akan datang. Bukan tidak mungkin rencana keuangan yang kita susun untuk masa depan menjadi terhambat karena keadaan darurat, misalnya terkena musibah sakit.

Lalu apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan setelah membeli asuransi jiwa? Yuk, simak ulasannya di bawah ini:

1. Proteksi kesehatan yang lebih maksimal

asuransi jiwa akan memberikan perlindungan tambahan sekaligus meminimalisasi kejadian-kejadian tak terduga

Dalam mempersiapkan kebutuhan di masa depan, memiliki asuransi jiwa justru bertujuan untuk memberikan perlindungan tambahan sekaligus meminimalisasi dampak dari kejadian-kejadian tak terduga di masa depan.

Selain itu, milenial yang saat ini sedang berada di usia produktif biasanya juga memiliki mobilitas yang tinggi. Di usia ini pula, kita merasa tertantang untuk melakukan berbagai kegiatan baru untuk menambah pengalaman hidup. Otomatis, setiap langkah yang dilakukan memiliki risiko tersendiri, apalagi di situasi yang tidak menentu seperti saat ini.

2. Perlindungan finansial

Asuransi jiwa dapat menjaga kestabilan finansial saat ada keadaan darurat seperti sakit. Foto: Shutterstock

Padatnya rutinitas harian tak jarang membuat kita mengesampingkan pentingnya menjaga kesehatan sejak usia muda. Alhasil, risiko terkena penyakit kronis pun bisa meningkat saat memasuki usia senja.

Bahkan tren penyakit tidak menular mematikan seperti gangguan jantung koroner, kanker, dan diabetes melitus di kalangan usia muda cenderung meningkat, dan di saat tidak memiliki perlindungan yang maksimal kestabilan finansial pun bisa ikut terguncang saat kondisi sakit akibat tingginya biaya pengobatan yang diperlukan.

3. Investasi masa depan

com-Ilustrasi pasangan suami istri sedang berdiskusi tentang finansial rumah tangga. Foto: Shutterstock

Kita tentu memiliki rencana masa depan yang ingin diwujudkan. Entah impian membuka usaha, membeli rumah atau kendaraan, melanjutkan pendidikan, maupun menikah. Untuk mewujudkannya, tentu diperlukan perencanaan keuangan yang matang, bukan?

Nah, membeli premi asuransi jiwa bisa menjadi cara untuk ‘sedia payung sebelum hujan’. Jadi kamu bisa fokus merencanakan masa depan tanpa takut kondisi keuangan terganggu akibat keadaan darurat seperti sakit. Bukan hanya itu, asuransi jiwa merupakan sebuah investasi yang manfaatnya bisa kita nikmati untuk menunjang kehidupan di hari tua.

4. Melindungi keluarga

asuransi jiwa akan menjaga keluarga dari guncangan finansial. Foto: Shutterstock

Bisa dibilang, risiko sakit kronis saat muda memang terbilang rendah karena kondisi tubuh yang masih prima. Namun semakin bertambahnya usia, terutama saat menginjak usia di atas 50 tahun, risiko sakit tentunya semakin meningkat.

Adanya asuransi jiwa akan membantu mengoptimalkan biaya pengobatan saat kita sakit sekaligus menjaga keluarga dari guncangan finansial. Apalagi ketika diperlukan rangkaian pengobatan yang panjang sampai benar-benar sembuh sehingga membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

5. Biaya premi lebih terjangkau

Jangan tunggu risiko sakit meningkat baru memutuskan untuk membeli premi asuransi jiwa. Idealnya, saat memasuki usia 20 tahunan, penting bagi kita untuk memiliki asuransi jiwa demi masa depan yang lebih terjamin.

Menariknya, premi yang harus dibayarkan pembeli asuransi jiwa berusia muda biasanya lebih ringan dibandingkan mereka yang usianya lebih matang. Orang yang berusia muda dinilai memiliki tingkat risiko yang lebih rendah sehingga perhitungan preminya pun jadi lebih murah.

Sekarang produk asuransi jiwa yang cocok untuk milenial juga sudah semakin banyak dengan premi yang terjangkau serta bisa menyesuaikan pendapatan. Salah satunya dengan Asuransi Lentera.

Lentera (Lengkap Ekonomis Nyaman Sejahtera) merupakan produk Bancassurance kerja sama antara BRI dengan BRI Life untuk menjawab kebutuhan akan perlindungan diri dengan asuransi jiwa, khususnya untuk para milenial. Dikemas untuk mereka yang berusia muda, Asuransi Lentera menawarkan pembayaran premi ringan mulai dari Rp 100 ribu/bulan hingga maksimum Rp 450 ribu/bulan.

Selain itu, asuransi jiwa ini juga punya banyak keunggulan, seperti: perlindungan diri selama 8 tahun hanya dengan membayar premi selama 5 tahun, manfaat hidup di akhir masa perlindungan sebesar 110% dari premi yang telah dibayarkan, perlindungan dari 5 jenis penyakit kritis yaitu kanker, serangan jantung, stroke, gagal ginjal, dan hepatitis.

Belum berhenti sampai di situ, keluarga juga akan mendapatkan manfaat santunan duka hingga 100% dari uang pertanggungan bila nasabah Asuransi Lentera meninggal dunia. Untuk melakukan pendaftaran Asuransi Lentera, nasabah harus berusia antara 17-50 tahun; melengkapi dokumen seperti kartu identitas, nomor rekening nasabah, dan nomor rekening ahli waris, serta mengisi formulir kepesertaan.

Asuransi bagi kaum milenial dapat membangkitkan semangat menabung, karena dengan membayar premi secara berkala akan mendorong milenial untuk menyisihkan pendapatannya. Nah, untuk menyambut momen hari raya Idul Fitri yang akan segera tiba, jangan lupa untuk mengalokasikan dana THR yang kamu dapatkan untuk memiliki proteksi diri sedini mungkin. Dengan begitu, kamu bisa memiliki perencanaan keuangan yang lebih baik.

Jangan tunda waktu lagi untuk melindungi diri sendiri dan keluarga secara maksimal dengan Asuransi Lentera. Informasi lebih lanjut mengenai Asuransi Lentera bisa kamu dapatkan dengan menghubungi BRI Premium Call Center (021) 575 8899/ 0 800 1 017 017 atau BRI Life 1500-087, kamu juga bisa mengaksesnya di website BRI Life.

Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan Bank BRI

, kumparan – #kumparanAdalahJawaban