Tips Pelaku UMKM Manfaatkan Peluang Jelang Lebaran, kumparan – #kumparanAdalahJawaban

0
2

Ilustrasi. Foto: Shutterstock

Salah satu kebiasaan masyarakat Indonesia saat Ramadhan dan jelang Lebaran adalah belanja. Hal ini bisa dimanfaatkan pelaku UMKM untuk meningkatkan penjualannya.

Online Business Expert Michael Sugiharto punya strategi yang bisa diterapkan oleh pelaku UMKM. Dia menyebut kuncinya adalah produk yang dijual harus relevan dengan masyarakat.

Salah satu contohnya yakni orang Indonesia punya kebiasaan membeli pakaian baru buat Lebaran.

“Tradisi dari Lebaran di Indonesia serba baru. Baju, sarung, mukena, itu harus baru. (Makanya) jualan paling laris di Ramadhan itu fashion beserta seluruh aksesorisnya,” jelas dia, dalam UMKM Series Online Class episode 3 yang tayang di YouTube kumparan, beberapa waktu lalu.

Michael menambahkan, yang mungkin belum banyak orang lihat adalah peluang bisnis parsel. Dia bilang usaha di bidang ini potensinya juga besar sekali.

“Jadi kalau teman-teman UMKM jualannya beberapa barang, (lebih baik) digabungkan dan dijadikan satu parsel. Kalau mau keren lagi, bikin parsel mystery box,” sarannya.

Ramadhan Jadi Musim Puncak buat Pelaku UMKM

Sejumlah warga memadati Blok B Pusat Grosir Pasar Tanah Abang untuk berbelanja pakaian di Jakarta Pusat, Minggu (2/5). Foto: Aditya Pradana Putra/Antara Foto

Kebiasaan belanja di momen spesial ini membuat Ramadhan menjadi musim puncak bagi para pelaku UMKM. Michael mengatakan, bahkan bagi bisnis yang menjalankan usahanya tanpa iklan, masih bisa tetap jalan dan mendulang keuntungan tinggi di bulan puasa.

“Boleh percaya boleh enggak, meski kelihatannya lemas atau gimana, tapi soal belanja (orang Indonesia) beringas,” kata dia.

Founder Buttonscarves Linda Anggrea juga mengalaminya. Perempuan yang telah menjalankan bisnisnya selama lima tahun itu mengatakan, Ramadhan menjadi musim puncak bagi semua pelaku usaha.

“Meski dalam kondisi pandemi, peningkatan itu ada dibandingkan Ramadhan tahun lalu,” ucap dia, dalam kesempatan sama.

, kumparan – #kumparanAdalahJawaban