Survei KIC: Mayoritas UMKM Berdagang Online di Shopee dan Tokopedia, KATADATA.CO.ID

0
23

Pandemi Covid-19 telah mempercepat adopsi digital pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), mengalihkan bisnis dari offline ke online. Survei dari Katadata Insight Center (KIC) menunjukkan rata-rata pelaku UMKM menggunakan dua hingga tiga marketplace untuk berjualan, terutama  Shopee dan Tokopedia.

Survei bertajuk “MSME Study Report 2021: Peran Marketplace bagi UMKM” itu menyasar 392 pelaku UMKM di sejumlah kota di Indonesia, yakni Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Yogyakarta dan Medan. Survei dilakukan pada 24 Maret hingga 9 April 2021.

Manajer Survei Katadata Insight Center Vivi Zabkie mengatakan sebanyak 86% UMKM yang menjadi responden menyatakan menggunakan satu hingga tiga platform marketplace untuk memasarkan produk. Bahkan, ada juga dari mereka yang memanfaatkan 4 hingga 6 marketplace sebagai kanal penjualan.

“Cukup banyak UMKM jadi pemain baru di platform online pada masa pandemi. Sedangkan marketplace adalah pilihan utama mereka ketika masuk ke platform penjualan online, ” …

Selengkapnya : Survei KIC: Mayoritas UMKM Berdagang Online di Shopee dan Tokopedia

, KATADATA.CO.ID