Status Wanita Ini Ditulis Sebagai Pembantu di Kartu Keluarganya, Kok Bisa?

0
2

Viral wanita asal Kalimantan Selatan bernama Nursifa ditulis sebagia pembantu di kartu keluarga (KK). Foto: TikTok/@sipazz)

Baru-baru ini seorang wanita bernama Nursifa mengaku ditulis sebagai pembantu di kartu keluarga (KK). Bahkan, status tersebut telah lama berlangsung sejak dirinya lahir hingga membuatnya terheran-heran.

Di video akun TikTok pribadinya, Nursifa memperlihatkan kartu keluarganya. Anehnya, di KK tersebut statusnya sangat berbeda dengan dua orang saudara kandungnya. Mereka berdua tampak berstatus sebagai anak.

Namun, wanita asal Kalimantan Selatan ini malah ditulis sebagai pembantu. Hal itulah yang membuat videonya tersebut ramai diperbincangkan. Apalagi, banyak warganet menganggap status keluarga di KK sangatlah penting.

“Pembantu di rumah lain (tidak) pembantu di rumah sendiri (ya). Bingung, nggak? Bingung lah masa, nggak?,” bunyi narasi di video tersebut.

Begitulah keterangan di video itu hingga membuat warganet heran. Sementara itu, menurut pengakuan Nursifah yang telah dihubungi oleh tim Berita Viral lewat Instagram. Ia menyebut statusnya tersebut adalah benar. Bahkan, ia mengaku awalnya kaget dan tak terima lantaran dirinya berstatus pembantu padahal ia merupakan anak kandung.

Ilustrasi Kartu Keluarga. Foto: kumparan dan shutterstock

“Iya benar emang tulisannya pembantu dan nggak tahu kenapa di sana tertulis begitu padahal saya anak kandung,” cerita Nursifa.

Menurutnya, ia sama sekali tidak mengetahui kenapa dirinya ditulis sebagai pembantu di kartu keluarga tersebut. Pasalnya, Nursifa sempat bertanya kepada orang tuanya tentang hal tersebut. Namun, sang ayah disebut malah mengajak bercanda.

“Kurang tahu juga sih kenapa. Pernah nanya tapi nggak direspons jelas sama Abahku soalnya saat aku nanya posisinya lagi bercandaan. Jadi, sampai sekarang nggak pernah lagi nanya kenapa,” ucapnya.

Akan tetapi, meski ditulis sebagai pembantu, Nursifa mengaku tidak mempersoalkan status dirinya di kartu keluarga itu. Terlebih, kesalahan tersebut tidak berpengaruh kepadanya lantaran ia menyebut akan ikut dengan kartu keluarga suaminya kelak.

“Jadi dibiarin aja udah karena nggak berpengaruh juga menurutku. Dibiarin aja sih, entar kalau nikah ikut KK suami kan hahaha,” ceritanya lagi.

Kini, video viral yang dibagikan pada Jumat (30/4) itu telah dilihat 1,1 juta orang dan disukai 82.600 pengguna TikTok. Tidak bisa dimungkiri, tak sedikit warganet yang ikut terheran-heran melihat status wanita tersebut di kartu keluarga ditulis sebagai pembantu.

“Parah keluarga nggak ada yang ngurus ke Disdukcapil wkwkwk,” tulis @antnstywn.

“Sumpah, kalau gue pasti ngambek mulu tiap hari,” sahut @Diddah.

“Bisa-bisanya gitu, ganti via online coba nanti tinggal ambil ke Disdukcapil syaratnya paling upload KK asli,” timpal @bbze_. (fre)