Sepi Penumpang, Bandara di Thailand Disulap Jadi Pusat Vaksinasi COVID-19

0
4

Suvarnabhumi Airport, Thailand Foto: Shutter Stock

Bandara Internasional Suvarnabhumi di Bangkok, Thailand disulap menjadi pusat vaksinasi COVID-19. Keputusan tersebut diambil lantaran rendahnya jumlah penerbangan dan penumpang selama pandemi COVID-19.

Dilansir Simple Flying, para pekerja kesehatan telah mengambil alih 42 tempat check-in dan memvaksinasi pekerja garis depan industri penerbangan, yakni staf bandara, petugas imigrasi, dan awak maskapai.

Saat ini, fasilitas bandara baru melakukan sekitar seribu vaksinasi per hari. Pada tahap pertama, hub vaksinasi mengincar target 30 ribu orang yang bekerja di dan sekitar bandara.

Tim medis menyuntikkan vaksin virus corona Sinovac untuk Biksu Buddha di sebuah kuil di Bangkok, Thailand. Foto: Chalinee Thirasupa/Reuters

Rencananya akan selesai pada akhir Mei 2021. Target tersebut merupakan salah satu roda penggerak dalam rencana Negeri Gajah Putih untuk memvaksinasi 300 ribu orang per hari.

Dengan target itu, diperkirakan seluruh penduduk Thailand sudah menerima vaksinasi penuh pada akhir 2021.

Salah Satu Bandara Tersibuk di Dunia

Suasana konter check-in di Bandara Suvarnabhumi yang kosong. Foto: Reuters/SOE ZEYA TUN

Bandara Internasional Suvarnabhumi Bangkok dinobatkan menjadi salah satu bandara tersibuk di dunia pada 2019 lalu.

Di penghujung 2019, bandara tersebut menangani 65.424.564 penumpang. Sebelum pandemi, mampu melayani 40 juta wisatawan mancanegara setiap tahunnya.

Sektor pariwisata menyumbang sekitar 13 persen dari produk domestik bruto (PDB) Thailand. Kendati demikian, pada Maret hanya 6.737 orang memasuki negara itu.

(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona).