Remaja di Semarang Ditangkap karena Jual Petasan Jumbo, Ukuran Capai 25 Cm, kumparan – #kumparanAdalahJawaban

0
5

Polisi menunjukkan barang bukti petasan jumbo yang diamankan dari remaja di Semarang. Foto: Dok. Istimewa

Petugas Polsek Tembalang, Semarang, meringkus seorang remaja berinisial MJ (15) yang membuat dan menjual petasan berukuran jumbo dengan diameter lebih dari 20 cm.

Saat menangkap MJ, polisi sekaligus menyita puluhan petasan berukuran besar siap pakai, serbuk mesiu, serta kertas dan bambu sebagai alat untuk membuat petasan.

Kapolsek Tembalang, Kompol R Arsadi, mengatakan penangkapan MJ bermula saat anggotanya menemukan banyak anak-anak yang bermain petasan dengan suara menggelegar pada 2 Mei sekitar pukul 02.30 WIB.

“Lalu kami usut dan kami selidiki ternyata MJ lah pembuat dan juga penjual petasan itu. Lalu kami amankan petasan sebanyak 40 buah di Jalan Perum Griya Borobudur, Meteseh, Tembalang,” ujar Arsadi di Mapolsek Tembalang, Senin (3/5).

Arsadi menyatakan, MJ mengaku terbiasa menerima pesanan petasan secara online. Harganya pun tergantung dengan pesanan pembeli.

Polisi menunjukkan barang bukti petasan jumbo yang diamankan dari remaja di Semarang. Foto: Dok. Istimewa

“Harganya mulai dari Rp 20 ribu hingga sekitar Rp 100 ribu dengan  diameter sekitar 25 cm. Yang besar ini, yang jumbo ini masih pesanan,” kata Arsadi sembari menunjuk petasan berukuran 25 cm itu.

Menurut Arsadi, petasan tersebut sangat membahayakan dan mengganggu ketenangan. Tak hanya itu, petasan jumbo itu memiliki daya getar hingga 500 meter.

“Sasarannya itu (diledakkan) di lapangan. Yang paling besar ini menurut yang buat bisa sampai 500 meter getarannya,” ucapnya.

Arsadi menyatakan MJ bisa dijerat dengan UU Darurat atas perbuatannya itu.

“Ancaman hukumannya bisa 20 tahun penjara. Dia masih di bawah umur,” kata Arsadi.

, kumparan – #kumparanAdalahJawaban