PSSI Tegaskan Tak Ada Pemain Titipan di Timnas: Semua Pilihan Pelatih, kumparan – #kumparanAdalahJawaban

0
6

Pemain Tim Nasional (Timnas) Indonesia melakukan pemanasan saat menjalani pemusatan latihan di Stadion Madya, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (1/5). Foto: Galih Pradipta/ANTARA FOTO

Sebanyak 34 nama dipanggil ke Timnas Indonesia untuk menjalani pemusatan latihan di Jakarta jelang lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Uni Emirat Arab (UEA). PSSI menegaskan tidak ada pemain titipan dari semua pemain yang dipanggil itu.

PSSI menerima silaturahmi Rans Cilegon FC pada Senin (3/5). Mochamad Iriawan alias Iwan Bule selaku ketua umum memberi wejangan kepada Raffi Ahmad cs yang kini masuk ke dunia sepak bola Tanah Air.

Pada kesempatan tersebut, ia dan Indra Sjafri selaku Direktur Teknik PSSI menceritakan tentang bagaimana seleksi pemain ke Timnas Indonesia. Salah satu yang ditegaskan adalah tidak ada pemain titipan di skuad ‘Garuda’.

“Pernah, enggak, saya nitip pemain [ke Timnas Indonesia]?” kata Iwan kepada Indra yang ada di hadapannya.

“Enggak ada, tidak ada satu pun pemain titipan dari beliau (Iwan Bule), walaupun saya tahu persis sebagai direktur teknik bahwa ketua umum [PSSI] punya banyak teman dan alhamdulillah sampai saat ini, sampai detik ini, tidak ada pun pemain yang beliau titipkan, murni pemain adalah pilihan pelatih (Shin Tae-yong),” jelas Indra.

Pemain Tim Nasional (Timnas) Indonesia melakukan pemanasan saat menjalani pemusatan latihan di Stadion Madya, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (1/5). Foto: Galih Pradipta/ANTARA FOTO

“Ya, itu sekadar gambaran saja untuk Raffi dan Rudy [Salim] tentang bagaimana mengurus sepak bola. Artinya, saya komit kepada kemajuan sepak bola. Manakala saya titip 1, yang lain bisa titip 10. Padahal, kawan saya banyak sekali. Maaf; para menteri, anggota DPR; saya bilang, saya enggak bisa apa-apa, sorry-lah gitu, bukannya saya sombong,” timpal Iwan lagi.

Sebagai gambaran, 34 pemain Timnas Indonesia pilihan Shin Tae-yong kali ini didominasi pemain-pemain muda dengan rerata usia 22 tahun. Pemain tertua adalah Marc Klok yang berusia 28 tahun.

Selain itu, ada beberapa calon debutan di Timnas Indonesia, Klok yang baru dinaturalisasi adalah salah satunya. Selain bintang Persija tersebut, ada juga nama Altalariq Ballah, Saddam Gaffar Emiruddin, hingga Irfan Jauhari.

***

, kumparan – #kumparanAdalahJawaban