Pemerintah Berencana Bagikan Kompor Listrik Gratis pada 2022, KATADATA.CO.ID

0
5

Dewan Energi Nasional (DEN) terus berupaya untuk menggenjot konversi dari kompor LPG ke kompor induksi. Salah satunya dengan rencana membagikan kompor listrik induksi beserta alat masaknya secara gratis pada 2022 mendatang.

Sekretaris DEN Djoko Siswanto telah mengusulkan program pembagian kompor beserta alat masak tersebut ke Kementerian Keuangan. Ia berharap agar program ini masuk dalam Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2022.

“Sudah kita tuangkan juga di grand strategy (strategi besar) untuk 2022 dimungkinkan golongan masyarakat daya listriknya 450-900 VA ,” kata Djoko dalam konferensi pers secara virtual, Senin (3/5).

Djoko menambahkan bahwa untuk golongan masyarakat dengan daya listriknya 450-900 VA bisa menaikkan dayanya menjadi 2.200 VA. Menurutnya PLN bisa menggratiskan biaya penambahan daya bagi masyarakat golongan bawah. Pasalnya, konsumsi daya listrik untuk memasak menggunakan kompor tersebut cukup besar.

Direktur Niaga dan Pelayanan PLN Bob Saril mengatakan, program kompor listrik gratis ini mencontoh konversi dari penggunaan minyak tanah ke LPG. Oleh sebab itu, …

Selengkapnya : Pemerintah Berencana Bagikan Kompor Listrik Gratis pada 2022

, KATADATA.CO.ID