Mudik Lebaran 2021 Dilarang, Bagaimana Nasib Emiten Transportasi?, KATADATA.CO.ID

0
17

Pemerintah melarang masyarakat untuk mudik pada Lebaran 2021 demi mencegah penyebaran Covid-19. Kebijakan tersebut dianggap akan berdampak negatif pada produktivitas kinerja emiten sektor transportasi dan pengelola jalan tol.

“(Larangan mudik) itu menjadi sentimen negatif kalau dikaitkan dengan emiten-emiten berbasis transportasi, ” kata Analis Bahana Sekuritas Muhammad Wafi dalam sesi podcast Market Movers persembahan Katadata.co.id dan KBR, Senin (3/5).

Meski demikian, Wafi menilai masih ada sentimen positif bagi emiten transportasi dalam menghadapi larangan arus mudik tahun ini, yaitu emiten yang punya bisnis logistik juga. Diversifikasi bisnis itu, dinilai bisa mempertahankan harga saham di tengah sentimen negatif larangan mudik.

“Kan ada beberapa emiten yang memang pure bisnis transportasi, tapi ada juga yang sumber pendapatannya dibagi dua, ada transportasi dan logistik, ” kata Wafi.

Salah satu emiten yang memiliki sumber pendapatan dari logistik adalah PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA). Semenjak ada pandemi Covid-19, maskapai milik pemerintah tersebut mencoba meningkatkan porsi pendapatan dari bisnis kargo, walaupun kontribusinya masih …

Selengkapnya : Mudik Lebaran 2021 Dilarang, Bagaimana Nasib Emiten Transportasi?

, KATADATA.CO.ID