Mudik Dilarang, Astra Infra Tetap Siapkan 2.035 CCTV hingga 18 Ambulance di Tol, kumparan – #kumparanAdalahJawaban

0
10

Sejumlah kendaraan melintasi Jalan Tol Cipali di kilometer 158, Majalengka, Jawa Barat, Sabtu (21/12/2019). Foto: ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Pemerintah telah melarang mudik Lebaran tahun 2021. Meski begitu, Astra Infra tetap menyiapkan berbagai fasilitas di tol yang dikelolanya untuk masyarakat yang masih harus melewati jalan tol selama musim mudik.

CEO Toll Road Business Group Astra Infra, Kris Ade Sudiyono, memprediksi fenomena eventual windfall traffic yang biasanya terjadi selama Lebaran di ruas-ruas jalan tol konektivitas, diprediksi tidak akan terjadi. Sedangkan di ruas tol yang ada di wilayah aglomerasi diprediksi akan stabil seperti halnya arus lalu lintas di periode libur.

Untuk itu, Astra Infra tetap memperhatikan berbagai fasilitas di jalan tol. Kris mengungkapkan dari segi keamanan total disiapman CCTV sebanyak 2.035 unit.

“Untuk peningkatan keamanan telah dilakukan penambahan Closed-Circuit Television (CCTV) hingga berjumlah 2.035, penyedian fasilitas pengecekan tekanan ban di 14 titik rest area, serta pengoptimalisasian 200 warning light,” kata Kris saat konferensi pers secara virtual, Senin (3/5).

Selain itu, Kris memastikan pihaknya juga mendukung kelancaran arus lalu lintas selama larangan mudik lebaran. Astra Infra tetap menyiapkan layanan operasional termasuk armada layanan lalu lintas, layanan transaksi, hingga petugas operasional.

“Saat ini, total armada layanan lalu lintas yang dipersiapkan adalah 33 mobil patroli, 9 unit rescue, 18 ambulance dan 26 Patroli Jalan Raya (PJR),” ujar Kris.

Sejumlah kendaraan melaju di tol Jakarta-Cikampek di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (24/12). Foto: Fakhri Hermansyah/ANTARA FOTO

Kris menegaskan petugas operasional Astra Infra juga tetap menjalankan protokol kesehatan. Ia mengharapkan masyarakat juga tetap mengedepankan langkah tersebut walau vaksinasi sudah dijalankan.

Lebih lanjut, ASTRA Infra juga berupaya menjaga pengguna jalan tol tidak terpapar COVID-19 dengan menerapkan inovasi struk digital di Ruas Tol Tangerang-Merak, Tol Cikopo-Palimanan, dan Tol Jombang-Mojokerto.

“Inovasi ini diharapkan menumbuhkan budaya baru bagi masyarakat untuk membiasakan diri dengan digitalisasi sebagai salah satu upaya mitigasi penyebaran COVID-19,” tutur Kris.

Selanjutnya, Astra Infra juga telah menyediakan 14 rest area tipe A dan 12 rest area tipe B yang menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Selain untuk istirahat, pengguna jalan bisa menikmati kuliner dan budaya khas daerah yang disediakan. Rest area di ruas tol Astra Infra diharapman dapat menjadi pilihan destinasi wisata karena didukung panorama alam.

Setidaknya saat ini ada 7 ruas tol dari Astra Infra yaitu Tol Tangerang-Merak, Tol Kunciran-Serpong, Tol Kebon Jeruk-Ulujami, Tol Cikopo- Palimanan, Tol Semarang-Solo, Tol Jombang-Mojokerto, Tol Surabaya-Mojokerto.

, kumparan – #kumparanAdalahJawaban