Masih Resesi, Indef Taksir Pertumbuhan Ekonomi Kuartal I 2021 Minus 1%, KATADATA.CO.ID

0
5

Institute for Development of Economics and Finance (Indef) memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia di triwulan I 2021 masih negatif. Dengan demikian, Indonesia diprediksi belum keluar dari jurang resesi.

Proyeksi tersebut didasarkan pada berbagai indikator. “Pertumbuhan ekonomi di triwulan I 2021 dugaan kami masih negatif, sekitar -1%, ” kata Wakil Direktur Indef Eko Listiyanto dalam diskusi daring, Senin (3/5).

Menurutnya, sudah ada peningkatan dalam kegiatan masyarakat, namun hal itu belum cukup untuk mengangkat ekonomi ke zona hijau. Di antara variabel yang memberatkan adalah laju kredit yang konsisten turun dari -2% sampai -4% dalam tiga bulan terakhir.

Dengan outlook triwulan I 2021 pertumbuhan ekonomi masih akan minus, menurut Eko, perlu upaya ekstra dari pemerintah untuk mendorong konsumsi dan investasi. Selain itu, program vaksinasi harus dipercepat untuk mengejar ketertinggalan di tiga triwulan tersisa, sehingga pertumbuhan ekonomi tahun ini bisa mencapai 4, 5% hingga 5, 3% seperti yang ditargetkan pemerintah.

“Jadi konsekuensi dari minus di triwulan pertama ini memang cukup …

Selengkapnya : Masih Resesi, Indef Taksir Pertumbuhan Ekonomi Kuartal I 2021 Minus 1%

, KATADATA.CO.ID